Gandeng Disnakerkop, Gatriwara Bina UKM Perempuan ‎

‎PEMBINAAN - Gatriwara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama ‎Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian setempat, memberikan pembinaan UKM yang dikelola oleh perempuan.(Kominfo) ‎

Kandangan, kalselpos.com – Guna mengembangkan Usaha Kecil Menegah (UKM), Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggandeng Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian setempat, memberikan pembinaan UKM yang dikelola oleh perempuan, Jumat (13/11/20) di Gedung DPRD HSS.‎

Ketua Gatriwara Kabupaten HSS, Lia Noviana Akhmad Fahmi mengatakan, semua instansi pemerintah yang ada di Kabupaten HSS berkewajiban untuk membina UKM yang ada termasuk Gatriwara.

Menurutnya, pembinaan adalah salah satu program kerja Gatriwara Kabupaten HSS, karena tiap tahun pihaknya selalu ada bersentuhan dengan UKM yang ada di Kabupaten HSS.‎

Bacaan Lainnya

“Tahun ini kami selenggarakan untuk UKM yang dikelola oleh perempuan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mereka bisa mengembangkan usahanya,” ujarnya.‎

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS, Hendro Martono, berharap kepada UKM-UKM yang ada di Kabupaten HSS tetap eksis, meski ditengah pandemic Covid-19.

‎”Meski pandemi, UKM harus tetap eksis dan terus menyiapkan strategi-strategi sebelum masuk pemasaran,” ungkapnya.

Menurut Hendro, hal yang paling penting dalam suatu usaha, adalah kualitas dari produk itu sendiri, sehingga harus dijaga baik dari rasanya, kemasannya, dan juga keunggulan bahannya maupun dari sisi harga.

Dijelaskan Hendro, bahwa pada saat pandemi Covid-19 seperti, langkah yang harus diambil adalah pemasaran melalui online, apalagi dari pelatihan pesertanya merupakan generasi millenial.

“Generasi yang akrab dengan IT. Jadi berusaha online bukan hal yang baru bagi mereka, dan pihaknya pun memberikan pengawasan secara online,” jelasnya.

‎Hendro mengatakan, bagi para UKM yang kurang akrab dengan IT, ada bantuan pendampingan, agar para UKM bisa memasarkan produk secara online.

“‎Tidak hanya pendampingan, tetapi media berupa ponsel juga diberikan sebagai bantuan,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Penulis : Sofan
Editor : Zakiri‎

Pos terkait