Amankan dari serangan Hacker, Pemprov launching Kalsel Prov-CSIRT

  • Whatsapp
Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan (memegang mic) didampingi pejabat lainnya melaunching CSIRT, Kamis siang.(ist)

Banjarbaru,kalselpos.com – Untuk meningkatkan keamanan ruang siber atau dunia Maya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melaunching Computer Security Incedent Response Team (CSIRT), bertempat di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (12/11/2020)

Lounching dilakukan Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan bersama Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Mayjen TNI Yoseph Puguh Eko Setiawan dan Kepala Dinas Kominfo Kalsel,  Gusti Yanuar Noor Rifai.

Bacaan Lainnya

“Dalam setahun, ada sebanyak 300 juta serangan hacker yakni sebesar 53 persen serangan pada setiap lembaga negara pemerintah pusat dan daerah,” ujar Deputi Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintahan Badan Sumber dan Sandi Negara, Mayjen Yoseph Puguh Eko Setiawan kepada wartawan usai kegiatan.

Karena itulah, lanjut Yoseph, perlu pengamanan siber di tiap daerah dan kelembangaan untuk mengamankan ruang siber dari serangan para hacker. Sehingga hari ini dilaunching-nya Kalsel Prov-CSIRT (Cyber Security Incident Response Team) Provinsi Kalsel.

“Berdasarkan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2020 sampai 2024 BSSN sudah mencanangkan 121 CSIRT. Sementara tahun 2020 ini diprioritaskan 15 CSIRT berdasarkan kesiapan SDM dan perangkat daerah atau provinsi di Indonesia. Dan Kalsel ini merupakan yang ke-10,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur, Rudy Resnawan menuturkan, pembentukan Kasel Prov-CSIRT menjadi momen dan tahapan penting dari bagian upaya Pemprov Kalsel dalam penerapan E-government di Kalsel.

“Pemerintah pusat melalui BSSN telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah provinsi Kalsel sebagi salah satu pilot projek pembentukan CSIRT,” ujarnya.

Rudy berharap, kedepannya tim Kalsel Prov-CSIRT dapat bekerja dengan optimal dalam mengamankan data-data dan informasi penting terkait pemerintah daerah. “Mereka juga diharapkan bisa merespons secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi serangan siber,” ungkapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE