Pemkab Tanbu ingin fungsikan kembali Smelter

Plh Sekda Tanbu, H. Ambo Sakka bersama Tim BKPM di Ruang Bersujud l Kantor Bupati. (Ist)

Batulicin,kalselpos.com – Smelter merupakan industri pengolahan hasil tambang menuju peningkatan mutu produksi dari hasil tambang tersebut.

Sebelumnya Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah memiliki Smelter pada saat masih ada berdirinya PT. Meratus Jaya Iron style (MJIS) namun semenjak tidak dioperasikannya pabrik tersebut membuat Tim BKPM Pusat dan Leader Sucofindo ingin mengetahui apa penyebab dari berhentinya industri tersebut.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan hal tersebut, maka Kepala Dinas Perdagangan Dan Industri (Kadisdagri) Kabupaten Tanbu, H.Deny Heriyanto pada diskusinya, menyebutkan ada dua faktor penyebab, pertama pada saat itu harga pasar memang turun, kemudian kedua, bahan dan kadarnya dibawah standart permintaan pasar.

Dari dua kemungkinan itu yang menjadi sub pokok diskusi bersama dinas terkait di ruang bersujud Kantor Bupati Tanbu, Senin (10/12).

Diharapkan bersama Tim BKPM dan Leader Sucofindo selaku tim ahli bisa menyimpulkan permasalahan dan bisa memfungsikan kembali akan keberadaan MJIS, apakah pihak investor atau pihak ketiga mampu bekerjasama dengan pabrik besar tersebut.

Pada saat memfungsikan kembali smelter tersebut kuncinya berada di pihak pemerintah daerah. Bagaimana pemerintah daerah meyakinkan investor dengan menunjukan data pendukung baik cadangan wilayahnya yang terukur atau infrastruktur dukungannya dan legal formalnya.

Dijelaskan oleh Deny bahwasanya hasil pemaparan dari pihak Leader Sucofindo bahwasanya untuk memperbaiki infrastruktur yang ada membutuhkan waktu sekitar 5 tahun. Namun, infrastuktur lingkungannya perlu dibenahi terlebih dahulu.

Sementara itu, menurut Plh Sekda Tanbu, H. Ambo Sakka mengatakan, terkait dengan hal tersebut pihaknya menyambut dengan baik pembahasan tersebut. Mengingat Tanbu memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Apalagi ketersediaan arus lalulintas disini cukup tersedia papar Ambo, “Fasilitas disini cukup menunjang prasarana yang tersedia untuk kedepannya,” cetusnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Pos terkait