Angin Puting Beliung Sapu 6 Rumah Warga Teluk Tiram Laut

Rumah warga di dua kelurahan yang tersapu angin puting beliung (Ahmad Fauzie)

Banjarmasin, kalselpos.com – Warga Jalan Teluk Tiram Laut Gang Odi RT.30 Kelurahan Teluk Tiram dan RT 03 RW 01 Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin dibuat geger dengan adanya terjangan angin puting beliung yang terjadi pada Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 15.00 wita.

 

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpul kalselpos.com di lokasi kejadian, sedikitnya ada enam rumah bangunan yang terdampak dari musibah ini, tiga diantaranya rusak parah.

Peristiwa yang terjadi pada petang hari itu disertai dengan curah hujan yang deras dan petir.

Selain memporak-porandakan bangunan rumah, satu orang dilaporkan luka akibat terjangan atap seng yang melayang.

“Belum diketahui nama korban tapi dia orang tua dari ibu Heny, guru di SMAN 4 Banjarmasin,” ucap warga sekitar, Hidayatullah kepada kalselpos.com.

Salah seorang korban dari terjangan angin puting beliung, Ariadi yang rumahnya mengalami rusak parah di RT 30 Gang ODI Kelurahan Teluk Tiram Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin menuturkan, angin puting beliung sempat dua kali menghantam bagian atap rumahnya.

“Pertama hanya ringan saja berselang beberapa saat kemudian terjangan angin datang lagi dan langsung mengangkat bagian atap rumah saya,” tutur Ariadi menceritakan.

Karena saat puting beliung terjadi disertai hujan deras, maka seluruh isi rumah tinggal yang dihuni empat anggota keluarga ini, tak dapat terhindar dari basahnya air hujan. Termasuk kasur barang elektronik dan surat berharga lainnya.

Belum bisa ditaksirkan kerugian material dari musibah ini, ia hanya bersyukur saat kejadian bisa menyelamatkan neneknya yang berusia 76 tahun.

“Saya hanya berfikir menyelamatkan nenek saya yang sudah tua serta adik saya yang masih 6 tahun,” ungkap pemuda yang akrab disapa Ari ini.

Sementara Muhammad Ramadhani yang tinggal di dalam Pasar Sejumput Jalan Teluk Tiram Laut RT 03 RW 01 Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat juga mengalami nasib yang sama.

Atap bagian rumah yang dihuni 6 jiwa ini juga habis dikoyak angin puting beliung. Hal ini juga membuat seisi rumahnya basah akibat hujan.

Usai kejadian Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin langsung mendata rumah warga yang terkena dampak angin puting beliung ini.

Adapun data sementara yang berhasil dihimpun kalselpos dilapangan, tiga bangunan yang rusak parah dua bangunan yang berdempet jadi satu milik Ariadi yang dihuni bersama adiknya Elzar (6), kakaknya Aris (33) sementara bangunan lainnya dihuni neneknya Rudinah (76) dan bangunan lainnya milik pedagang ikan asin bernama Muhammad Ramadhani.

Sementara rumah yang mengalami rusak ringan akibat terjangan puting beliung ini yaitu Rumah Marlini dan Lisa.

Belum dapat dipastikan berapa kerugian yang dialami warga setempat akibat dari fenomena alam ini. Kini Pihak BPBD Kota Banjarmasin telah melakukan pendataan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri

Pos terkait