Posyandu garda terdepan tangani Stunting

Pelaksana kader Posyandu Desa Pulau Mambulau saat mengikuti acara mengatasi penanggulangan stunting.(Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com -Pelaksana Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti pertemuan untuk menanggulangi stunting.

Bacaan Lainnya

Acara yang berlangsung di aula Desa Pulau Mambulau, Senin (9/11) pukul 09.00 WIB ini dihadiri Kades Pulau Mambulau, Alfian Noor, Kepala Puskesmas Kupang, H Suparman, Bhabinkamtibmas, Aiptu Syarip Asyari dan Babinsa Gunawan.

Kades Pulau Mambulau, Alfian Noor, menyampaikan, Posyandu adalah garda terdepan dalam penanganan masalah stunting karena berhadapan langsung dengan ibu-ibu yang memiliki balita.

“Pertumbuhan balita harus kita data, agar dapat mendeteksi adanya stunting dalam satu wilayah,” ujar Alfian.

Disebutkan, ada 7 katagori yang masuk stunting. Ini akan jadi perhatian bagi penggerak posyandu yang perlu disampaikan kepada
ibu-ibu yang memiliki balita.

“Mudah-mudahan setelah kita ketahui akan kita beri asupan gizi yang sesuai dan nantinya akan berkurang jumlah stunting di wilayah kita ini,” harap Alfian.

Sementara dari Kepala Puskesmas Pulau Kupang, H Suparman, selaku pembicara pada pertemuan ini menambahkan, di Kecamatan Bataguh, khususnya Desa Pulau Mambulau, kegiatan hari ini sangat berkaitan sekali dengan permasalahan stunting,

“Salah satu kegiatan paling utama dan sedang digarap oleh desa yaitu masalah jamban sehat, dan seperti tadi disampaikan oleh Pak RT 8 untuk jangkauan air bersih, karena belum mendapatkan direncanakan bikin dengan pengelolaan BUMdes,” terang H Suparman.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Pos terkait