Kepala UPT Pelabuhan Perikanan berikan penyuluhan nelayan secara Persuasif

Rusdi Hartono, Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Banjarraya Kalsel.(Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Bagi nelayan yang beraktivitas bongkar muat di Pelabuhan Banjaraya Banjarmasin, Rusdi Hartono adalah sosok familiar. Bukan hanya sebagai Kepala UPT Pelabuhan Perikanan, tapi karena pribadinya yang bisa bergaul dengan siapapun.

Pria kelahiran 1972 ini memang sosok yang dikenal dekat dengan para nelayan dan pelaku usaha perikanan yang kerap melakukan pendaratan ikan di wilayah pelabuhan Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Sebagai kepala pelabuhan perikanan, Rusdi  sukses menggawangi jabatan tersebut sejak 2015 silam. Lulusan Fakultas Perikanan Unlam 1996 ini mampu menjaga operasional pendaratan ikan dengan baik maupun memelihara sarana dan prasarana yang ada di pelabuhan.

Ia juga melaksanakan fungsi  penyuluhan kepada nelayan dengan cara persuasif.

“Sebagai kepala pelabuhan kita harus bisa menjaga dan menciptakan kenyamanan di lingkungan kerja sehingga operasional pelabuhan berjalan dengan baik,” kata Rusdi.

Sosok Rusdi juga dikenal dekat dengan kalangan pekerja media. Walau baru kenal, ngobrol dengannya langsung cair.

Caranya bergaul bukan sebagai pejabat kepala pelabuhan, tapi sebagai teman. Begitu juga kepada para stafnya di lingkup pelabuhan perikanan.

Fungsi kepala pelabuhan cukup vital, yaitu dalam menjaga kelancaran distribusi ikan kepada masyarakat. Tugas sebagai kepala pelabuhan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan tanggung jawab, apalagi sektor perikanan jadi salah satu perhatian Pemprov Kalsel untuk ditingkatkan,” kata Rusdi yang menyelesaikan S2 di Faperta Unlam tahun 2005 ini.

Sesuai disiplin ilmunya bidang perikanan dan pertanian, Rusdi sebagai ASN juga banyak bertugas di bidang tersebut.

Ia memulai karir ASN di Pemkab Batola pada 1997-1998. Kemudian Kasubsi Pembinaan Usaha Perikanan Dinas Perikanan Batola pada tahun 2000 – 2001.

Kariernya berlanjut di Pemprov Kalsel hingga jadi Kasubbag Perikanan dan Kelautan di Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel sejak 2006. Kemudian sebagai Kabag Kerjasama dan Layanan Informasi  di Sekretariat Badan Penyuluhan Kalsel. Terakhir sejak 2015 menjadi Kepala UPT Kepala Pelabuhan Perikanan Banjarmasin  di Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait