Pemprov akan realisasikan rencana pembangunan rel kereta api Bandara

Nurul Fajar Desira, Kepala Bappeda Provinsi Kalsel.(ist)

Banjarbaru, kalselpos.com – Kabar baik datang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), perencanaan kajian pembangunan stasiun dan rel kereta api khusus  bandara di Kalsel akan segera direalisasikan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan, setelah melakukan studi kelayakan proyek atau Feasibility Study (FS) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, didapatkan hasil, bahwa hanya Kalsel yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan perencanaan pembangunan rel kereta api bandara.

Bacaan Lainnya

“Hanya di Kalsel yang mendapatkan proyek ini meski secara nasional,” ujarnya di Banjarbaru, Selasa (3/11/2020).

Disampaikannya, untuk realisasi rel kereta api bandara di Kalsel setidaknya pemerintah membutuhkan anggaran sebesar Rp24 triliun.

“Padahal sebenarnya pemerintah pusat menginginkan seluruh Kalimantan, namun Kalsel saja sudah membutuhkan anggaran sebesar Rp24 triliun,” ungkapnya.

Fajar menyebut, dalam penguatan infrastruktur,  meski proyek pembangunan rel kereta api di provinsi Kalsel ini merupakan proyek nasional, namun hal tersebut menjadi impian dan harapan dari setiap masyarakat di bumi Lambung Mangkurat.

“Maka dari itu, saat ini kami masih melakukan lobi dengan sejumlah investor untuk bisa merealisasi pembangunan rel ketera bandara yang jadi proyek terlebih dahulu,” ungkapnya.

Secara ekonomi, lanjut Fajar, perencanaan tersebut bisa terealisasi segera. Akan tetapi, pada 2021 mendatang, Pemerintah Provinsi Kalsel terlebih dahulu harus melakukan kajian.

“Apabila proyek infrastruktur ini bisa tercapai, maka secara ekonomi dan finansial pun masyarakat juga turut terbantu,” imbuhnya.

Fajar berkata, untuk realisasi pembangunan rel kereta api  bandara, pemerintah masih membutuhkan investor.

“Rp24 triliun cukup banyak kalau hanya melalui APBD atau APBN pun belum mencukupi. Maka, investor harus ada dan Dinas PMPTSP Kalsel sedang melaksanakan hal itu,” ujarnya.

Sekedar diketahui,  rute rel kereta api dan stasiun yang direncanakan harus terwujud itu, meliputi jurusan Banjarmasin – Martapura – Rantau – Barabai – Tanjung sampai batas Kalimantan Timur (ke arah Ibu Kota Negara baru/IKN). Selanjutnya, Banjarmasin – Pelaihari – Asam Asam – Pagatan – Batulicin – Kotabaru hingga berbatasan Kalimantan Timur (Ibu Kota Negara/IKN baru). Kemudian, rute Banjarmasin – Batulicin, Banjarmasin – Batas Kalimantan Tengah hingga rute kereta Bandara.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait