Batola jadi Percontohan Pemilihan BPD Serentak secara Langsung

  • Whatsapp
BPD Batola saat pelatihan pratugas dan perangkat desa se Kecamatan Alalak di Hotel Rodhita Banjarmasin,

Marabahan, kalselpos.com – Kabupaten Barito Kuala (Batola) merupakan kabupaten pertama menyelenggarakan pemilihan serentak secara langsung anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Saat ini setidaknya terdapat 129 desa yang perekrutannya melalui pemilihan langsung dan 66 melalui permusyawaratan perwakilan.

Noormiliyani ketika mengingatkan tiga fungsi utama BPD yang harus dipahami.
Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

“Saya telah melaporkan ini kepada Plt Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan ternyata mendapat tanggapan positif serta menyatakan bisa menjadi percontohan ke depan,” ujar Bupati Batola Hj Noormiliyani AS saat membuka pelatihan pratugas BPD dan Perangkat Desa se-Kecamatan Alalak periode 2020-2026 di Hotel Rodhita Banjarmasin, (25/10/2020).

Bacaan Lainnya

Bupati wanita pertama di Kalsel itu membeberkan, awal mula digagasnya pemilihan anggota BPD secara langsung ini ketika ia mengetahui keberadaan lembaga itu selama ini relatif kurang berfungsi maksimal.

Beranjak dari pemikiran itu serta mengacu visi misi yang ia letakan bersama wabup yaitu “Satu Kata Satu Rasa Membangun Desa Menata Kota Menuju Masyarakat Sejahtera” maka dicoba dicarikan jalan terbaik.

Noormiliyani berpandangan adanya kalimat membangun desa dalam visi misinya memiliki makna bukan saja membangun infrastruktur tapi termasuk membangun strata sosial dan strata struktur pemerintahan desa.

“Alhamdulillah setelah dilaksanakan ternyata berjalan tertib, aman, lancar sesuai harapan. Jadi sekarang bapak ibu sekalian yang terpilih secara langsung memiliki legitimasi yang tidak dipertanyakan lagi,” papar Noormiliyani kepada puluhan anggota BPD Kecamatan Alalak sembari berharap agar menjaga amanah dengan baik dengan menjalankan tugas dan fungsi secara maksimal.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengingatkan tiga fungsi utama BPD yang harus dipahami. Di antaranya membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Noormiliyani juga menyatakan, sebagai anggota BPD yang keberadaannya dipilih langsung masyarakat agar benar-benar menjalankan amanah sesuai koridor dan aturan yang telah ditentukan secara baik dan benar.

Tak lupa Noormiliyani juga mengutarakan April 2021 mendatang Batola akan menyelenggarakan pemilihan kades secara serentak melalui e-voting (elektronic voting) terhadap 163 desa.

Saat ini, sebutnya, pihaknya dengan bekerjasama dengan BPPT telah dilakukan penjajakan peralatan pendukung agar dalam penerapan pilkades nantinya bisa dilaksanakan lebih praktis tanpa harus memerlukan kertas dan lainnya.

Istri anggota DPRD Kalsel H Hasanuddin Murad itu juga membeberkan prioritas program kerjanya yang harus dilaksanakan hingga akhir masa jabatannya yaitu terkait program Kutabamara, Bedah Kampung Terintegrasi (BKT), dan Ecopark.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMP) Dahlan mengatakan, kegiatan pratugas ini merupakan amanah Permendagri Nomor 110/2016 termasuk di antaranya pemberian pembekalan.

Hasil perekrutan BPD di Kecamatan Alalak, terang Dahlan, dari 15 desa yang ada dengan total 100 anggota BPD terjaring 31 orang perempuan. Sementara dari keseluruhan desa dan kecamatan terdapat komposisi 47 persen perempuan yang menunjukan partisipasi perempuan cukup tinggi.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi
Editor : Muliadi

Pos terkait