Pemkab Kotabaru siapkan anggaran Sewa Rumah untuk Korban Kebakaran Patmaraga

Kotabaru, kalselpos.com-Pemerintah Kabupaten Kotabaru berencana mengalokasikan anggaran sewa rumah bagi korban musibah kebakaran yang terjadi di wilayah Patmaraga, beberapa waktu lalu.


Selain mengalokasikan dana sewa, pemkab juga akan membangunkan kembali bangunan tempat tinggal para korban terdampak melalui program penataan ruang dilokasi yang terbakar.

Bacaan Lainnya

Dua rencana Pemkab Kotabaru tersebut telah disimpulkan melalui rapat koordinasi penanganan pasca bencana antara forkopimda bersama seluruh SKPD terkait.

Ditemui di operation room pemkab, Senin (2/11), Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis menjelaskan, bahwa Pemkab Kotabaru mengambil beberapa langkah-langkah penting yang harus laksanakan.

Untuk jangka pendek sebut Syairi, pihaknya meminta suatu surat keputusan tanggap darurat terkait bencana dari bupati, setelah itu akan menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT) dari APBD untuk mengalokasikan dana sewa rumah selama 3 bulan bagi masyarakat terdampak musibah kebakaran.

“Anggarannya nanti akan dibuat oleh BPBD Kotabaru. Besaran anggarannya nanti akan dihitung terlebih dahulu sesuai kemampuan keuangan daerah,” ujar Syairi didampingi Pjs Bupati, Sekdakab, dan Kasdim 1004/KTB.

Kemudian untuk langkah jangka panjang lanjutnya, pihaknya sudah meminta kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Kotabaru membuat masterplan rencana pembangunan kembali di lokasi musibah, dengan penataan akan yang ramah lingkungan agar ketika menjadi bencana akan mudah ditangani.

Kalau masyarakat sepakat kata Syairi, pilihan pertama akan diajukan pembangunan ini melalui APBN dan pilihan kedua menggunakan dana kompensasi dari SILO, tergantung yang mana nantinya akan lebih cepat untuk direalisasikan.

“Untuk sideplan, luas tanah dilaporkan kurang lebih 1,2 hektare dengan lahan perunit 72meter persegi (6 x12) dan bangunannya tipe 36, dari informasi sementara bahwa sudah ada 122 unit yang setuju dengan program ini,” tutup Syairi.

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait