Bupati Tinjau Program Bantuan Bedah Rumah di HSU

  • Whatsapp
Bupati HSU meninjau program pembangunan bedah rumah

Amuntai,kalselpos.com – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima bantuan bedah rumah sebanyak 207 unit yang tersebar di 4 Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Bantuan tersebut merupakan, program bedah rumah yang merupakan peningkatan kualitas bantuan rumah swadaya dana alokasi khusus bidang perumahan dan permukiman di Kabupaten HSU.

“Jumlah rumah yang dibantu sebanyak 207 unit yang tersebar di 4 Kecamatan dan 12 desa. Salah satunya di Desa Tambalang Kecamatan Sungai Pandan Alabio sebanyak 32 unit rumah,” ucap Plt Kepala Disperkim-LH Najeriansyah, Minggu (01/10/2020).

Najeri menyebutkan, besar bantuan yakni Rp 17.500.000 per unit rumah yang terdiri dari Rp 15 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp. 2.500.000 untuk tambahan upah tukang.

“Penyaluran bantuan ini melalui rekening masing-masing penerima dimana pembelian bahan yang Rp.15 juta melalui sistem transfer ke rekening toko penyedia material bahan bangunan sedangkan Rp 2,5 juta, sedngkan untuk tambahan biaya upah diberikan secara tunai setelah pekerjaan selesai dilaksanakan,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap, seluruh proses pengerjaannya dapat dikerjakan secara swadaya masyarakat.

Pada prinsipnya, kata Najri, penerima program bedah rumah merupakan mereka yang mendiami rumah tidak layak huni (RTLH) yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan bangunan kesehatan penghuni dan kecukupan minimum luas bangunan.

“Bantuan sendiri berasal dari dana DAK Bidang Perumahan dan Permukiman program bedah rumah di tahun 2020 kementerian PUPR,” ungkitnya.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK beberapa waktu lalu juga meninjau, rumah penduduk yang menerima program bedah rumah di Desa Tambalang, Kecamatan Sungai Pandan Alabio.

Peninjauan tersebut sebagai proses untuk mengetahui sejauh mana progres pembangunan, yang dilaksanakan Bupati didampingi Najeriansyah.

Bupati meninjau bahan material dan beberapa rumah warga yang menerima bantuan bedah rumah salah satunya rumah Suryani yang berada di RT 04 Desa Tambalang.

Sehingga Bupati Wahid berharap warga yang menerima bantuan dapat hidup dan tinggal layak setelah menerima bantuan ini. warga yang menerima bersyukur, serta mendoakan pemerintah agar terus melakukan terbaik untuk masyarakat.

Selain itu, dirinya juga berharap dengan adanya bantuan ini, warga dapat fokus bekerja tanpa memikirkan lagi kondisi tempat tinggalnya, sehingga perekonomiannya semakin meningkat. (ayt)

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor: Zakiri