Ratusan Rumah Ludes Terbakar, 415 Jiwa Kehilangan Tempat Bernaung

  • Whatsapp
Data jumlah korban kebakaran yang terjadi di Kelurahan Kotabaru Tengah (Fauji)

Kotabaru, kalselpos.com – Musibah kebakaran yang terjadi di Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru ternyata menghanguskan seluruh rumah yang ditempati oleh 415 jiwa.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun kalselpos.com dari pihak Kelurahan Kotabaru Tengah, kobaran api yang mengamuk di tengah heningnya kesunyian malam itu telah meluluhlantakkan ratusan rumah yang berada di 5 RT di kelurahan tersebut.

Bacaan Lainnya

Di RT 8, terdapat 18 Kepala Keluarga yang menjadi korban, sehingga mengakibatkan 55 jiwa kehilangan tempat tinggal

Kemudian, di RT 9 jumlah Kepala Keluarga yang terkena musibah kebakaran ini berjumlah 37 KK, akibatnya 114 orang kehilangan tempat tinggal.

Untuk di RT 13, sebanyak 32 Kepala Keluarga menjadi korban, alhasil 100 jiwa di RT setempat juga kehilangan tempat bernaung.

Kemudian, di RT 15 sedikitnya ada 15 Kepala Keluarga yang menjadi korban yang mengakibatkan 51 jiwa kehilangan rumah sebagai tempat bernaung.

Terakhir, di RT 16, ada 38 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal. Karenanya, sebanyak 95 jiwa juga ikut terdampak.

Untuk total keseluruhan jumlah Kepala Keluarga yang terdampak di 5 RT sebanyak 140 KK yang mengakibatkan 415 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Dalam upaya memadamkan kobaran api, jumlah armada Pemadam Kebakaran yang diturunkan berjumlah belasan.

Dari Pemkab Kotabaru sebanyak 4 mobil. Sisanya merupakan bantuan dari tim Balakar Saijaan, pihak perusahaan dan 1 unit armada dari kabupaten Tanah Bumbu.

Kebakaran tersebut terjadi di pemukiman padat penduduk dan sebagian besar rumah terbuat dari kayu yang mudah terbakar, sehingga pihak BPK Kotabaru dan balakar lainya kesulitan dalam memadamkan api.

Selain itu, kendala yang dialami petugas juga berasal dari faktor cuaca. Pasalnya, pada saat terjadi kebakaran cuaca sedang dalam cerah dan angin cukup kencang, sehingga api mudah merembet ke bangunan di sebelahnya yang juga terbuat dari kayu.

Kemudian, jalan menuju pemukiman lokasi kebakaran cukup sempit berupa jalan titian yang tidak dapat oleh armada pemadam kebakaran.

Beruntung dalam musibah kebakaran ini tidak ditemukan korban jiwa, namun untuk estimasi kerugian yang diakibatkan oleh amukan si jago merah ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib

Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Kodim 1004/KTB, jumlah rumah yang terbakar sebanyak 159 rumah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fauji Rahman
Editor : Zakiri