DPRD Kotabaru sahkan Perda Retribusi Jasa Usaha

  • Whatsapp
Jerry Lumenta menyerahkan dokumen kepada pemimpin rapat.

Kotabaru, kalselpos.com – Panitia khusus (Pansus) II DPRD Kotabaru berhasil menuntaskan satu buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang disahkan menjadi satu buah Peraturan Daerah (Perda).

Dalam kesempatannya, dikatakan oleh Ketua Pansus II, Jerry Lumenta bahwa, pihaknya diberikan kepercayaan untuk membahas dua buah Raperda yakni terkait dengan retribusi jasa usaha tentang pajak daerah, dan baru satu yang selesai dibahas bersama pihak eksekutif.

Bacaan Lainnya

“Raperda tentang retribusi jasa usaha telah rampung kita bahas bersama pemerintah daerah yang telah dijadikan produk hukum Perda,” kata Jerry didalam rapat paripurna akhir pekan kemarin.

Dijelaskannya pula, berkenaan dengan Raperda tersebut telah dilakukan penggalian materi dan informasi melalui konsultasi dan koordinasi ke daerah lain, dan Pansus II DPRD Kotabaru melakukan itu semua dalam rangka memperoleh masukan yang positif dan konkrit dalam rangka memperoleh hasil sinkronisasi yang lebih baik terhadap perubahan ketiga atas Perda nomor 5 tahun 2018 tentang retribusi jasa usaha.

Disamping itu pula, tambahnya lagi, Pansus juga melakukan rapat-rapat ke bagian hukum dan SKPD terkait pada tanggal 14 Juli 2020 dan 7 September 2020 kemarin, dan dari dari hasil konsultasi dan pembahasan dengan tim pembentukan Peraturan Daerah dan SKPD terkait kemudian diperoleh hasil kesepakatan bersama.

“Pertemuan yang kami lakukan dengan pihak terkait tentunya agar mendapatkan suatu kesepakatan yang baik,” jelasnya.

Sementara Pjs Bupati Kotabaru, M Syarifuddin mengatakan dengan adanya persetujuan Raperda tersebut merupakan wujud kesepakatan bersama antara ekskutif dengan legislatif dalam rangka optimalisasi pembangunan daerah

“Saya mengajak semua anggota DRPD Kotabaru untuk bersama-sama membangun sinergi yang baik dengan pemerintah daerah, karena dengan bersinerginya eksekutif dan legislatif dapat menciptakan suatu kerjasama yang lebih baik,” tuturnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain