DPRD Kotabaru Evaluasi Tarif Mobil Ambulance

  • Whatsapp
Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis saat di wawancarai oleh wartawan kalselpos.com

Kotabaru, kalselpos.com– DPRD Kotabaru akan segera mengevaluasi tarif retribusi penggunaan mobil ambulance yang ada di Puskesmas. Pasalnya, diketahui mobil yang biasa dipergunakan untuk mengangkat orang sakit maupun meninggal dunia mematok harga tarif yang lumayan memberatkan masyarakat utamanya kalangan pasien umum khususnya mereka yang tergolong kurang mampu.

Didalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 27 tahun 2018 telah diatur, untuk tarif pemakaian mobil dikenakan tarif Rp5.000/kilometernya. “Ada Peraturan Daerah (Perda) tahun 2012 menjadi turunan Perbup, tapi memang harus kita evaluasi,” kata Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya lebih jauh, pihaknya melalui Panitia Khusus II (Pansus) saat sekarang telah melakukan pembahasan untuk melakukan revisi berkenaan dengan hal tersebut

“Oleh karenanya, kalau bisa lebih meringankan masyarakat kenapa tidak. Lagi pula hal itu tidak menyalahi aturan,” jelasnya pula.

Ditambahkan olehnya, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama soal transportasi, selain ambulance Puskesmas keliling, Pemeritah Daerah telah melakukan pengadaan mobil-mobil ambulance desa. Meski belum merata di seluruh desa, pengadaan ambulance tersebut sudah hampir 70 persen.

“Untuk memenuhi target 100 persen belum bisa, karena kondisi APBD sekarang. Selain mobil ambulance, kita juga akan memperhatikan infrastruktur lainnya,” imbuhnya.

Syairi meyakini, apabila semua desa tersedia mobil ambulance maka dipastikan transportasi pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik kedepannya untuk memberikan yang terbaik bagi kebutuhan masyarakat. “Kan tinggal di isi BBM nya saja, soal pengaturannya bisa diserahkan ke pihak desa masing-masing,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain