Anggota BPD Kecamatan Pulau Petak dilantik Bersamaan

  • Whatsapp
Penandatanganan berita acara pelantikan anggota BPD di Kecamatan Pulau Petak.(Ist)

Kuala Kapuas,kalselpos.com-Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah secara bersamaan dilantik oleh Seplihi, Camat Pulau Petak.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota BPD di Kecamatan Pulau Petak.(Ist)

Pelantikan anggota BPD berlangsung di Kantor Camat Pulau Petak, Selasa (27/10) pagi, diantaranya untuk Desa Banama 5 anggota, Saka Lagun 9 anggota, Teluk Palinget 9 anggota dan Tatas Hilir 5 anggota.

Bacaan Lainnya

Seplihi usai melantik sejumlah anggota BPD tersebut dalam sambutannya berpesan agar BPD bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan mendukung kemajuan pembangunan di desanya masing-masing.

“Tugas Badan Permusyawaratan Desa adalah menjadi mitra Pemerintahan Desa. Dalam menjalankan tugas jangan menyimpang dari ketentuan yang ada,” ujar Seplihi.

Dijelaskannya, pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, anggota BPD merupakan wakil dari penduduk desa, berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Kemudian BPD juga diatur melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagrgi) Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa. Sabagaimana termuat dalam Pasal 31 Permendagri 110/2016, menyebutkan BPD memiliki fungsi-fungsi,.

“Intinya BPD bisa menjalankan fungsinya, pertama membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarkat desa, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa,” papar Seplihi.

Dalam Permendagrgi 110/2016 pada pasal 32, imbuhnya, juga disebutkan beberapa tugas BPD. Kemudian juga dalam pasal 55 ayat 1 disebutkan hak-hak anggota BPD. Kemudian dalam asal 60 Permendagri 110/2016 menyatakan kewajiban anggota BPD. Lalu, pasal 63 kewenangan BPD.

“Jangan sampai tugas-tugas tidak dilaksanakan. Semua BPD saya harapkan bisa bekerjasama dengan kepala desa. Jangan melakukan melebihi kewenangan,” cetusnya.

Sementara, Kepala Desa Sei Tatas Hilir, Ependi saat ditemui Kamis (29/10) di Kantor Desa Pulau Petak, menyambut gembira dengan dilantiknya kepengurusan atau anggota BPD.

“Dengan pelantikan ini tentunya kita akan mudah untuk menyusun dan menata serta mempersiapkan segala sesuatu untuk pembangunan desa kita,” harap Ependi.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE