Waspada Cuaca Ekstrem Dampak La Nina di HSS ‎

  • Whatsapp
: KEPALA BPBD - Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Kesbangpol Kabupaten HSS, Roni Rusnadi. (Sofan)‎

Kandangan, kalselpos.com – ‎Cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah mulai meningkat, karena sudah masuk musim penghujan yang bersamaan dengan La Nina.

Untuk menghindarinya, Badan Penanggulangan Bencana dan Kesbangpol Kabupaten HSS meminta warga agar selalu waspada dan berhati-hati jika turun hujan yang disertai angin kencang.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesbangpol (BPBD Kesbangpol) Kabupaten HSS, Roni Rusnadi mengatakan, di wilayah Kabupaten HSS‎ Oktober ini sudah masuk musim hujan yang bersamaan dengan La Nina yang bisa berdampak pada peningkatan curah hujan.

Dikatakannya, curah hujan dampak La Nina ini bisa mengakibatkan terjadinya tanah longsong di daerah pegunungan, banjir dan angin puting beliung.

“Wilayah-wilayah yang rawan terjadi dampak La Nina ini ada di wilayah pegunungan meratus dan Sungai Amandit,” ucapnya pada awak media, Rabu (27/10) pagi.

Saat ini, kata Roni, dampak La Nina sudah terjadi di daerah Jawa, seperti tanah longsor dan banjir bandang. Sedangkan untuk di wilayah HSS sudah ada beberapa pohon tumbang di beberapa titik akibat angin puting beliung.

“Dan itu sudah kita tanggulangi,” ujarnya.

Karenanya, Roni minta masyarakat untuk waspada dan berhati-hati jika turun hujan disertai angin kencang.

“Untuk sementara warga diminta tidak berwisata dulu, terutama wisata sungai yang berpotensi terdampak musim hujan bersamaan dengan La Nina,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Zakir