Sajian Singkong Tapin dalam Lomba Cipta Menu B2SA Kalsel

Tim Penilai B2SA prov Kalsel menilai Masakan Tapin pada lomba Cipta Menu B2SA

Rantau, kalselpos.com – Ada hal berbeda pada pelaksanaan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, yang biasanya Tim Penggerak PKK yang datang ke Provinsi, namun sekarang Tim Juri yang datang ke Kabupaten secara bergantian.

Hal itu terlihat pada penilaian lomba Cipta Menu B2SA di Kabupaten Tapin dan berlangsung di Sekretariat PKK Tapin saat didatangi tim juri, Senin (26/10/2020).

Kabupaten Tapin mempercayakan pada Tim Penggerak PKK Desa Budi Mulya Kecamatan Lokpaikat tampil pada lomba itu dengan sajian makanan berbahan ubi kayu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Bastian mengatakan, lomba Cipta Menu B2SA Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, biasa kita tampil membawa menu makanan ke provinsi, sekarang menyajikan ditempat kita sendiri dan juri yang datang melakukan penilaian.

“Menu makanan disiapkan dan juri datang langsung ke tempat kita untuk melakukan penilaian,” ucapnya.

Pada lomba ini dipercayakan Tim Penggerak PKK Desa Budi Mulya Kecamatan Lokpaikat mewakili Tapin untuk lomba yang sama tingkat Provinsi Kalsel.

Untuk menu yang disajikan sendiri berbahan utama ubi kayu atau singkong ditambah dengan bahan pangan lainnya yang tidak berupa beras untuk menu makan pagi, siang dan malam dalam satu keluarga.

“Mudahan-mudahan tidak mengurangi nilai baik dalam tampil di provinsi, dan kabupaten kita menjadi terbaik dari yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Tapin, Ratna Ellyani menuturkan, setiap tahun pihaknya terus mengikuti Lomba Cipta Menu B2SA dan dilakukan secara berjenjang di tingkat desa kecamatan sampai Kabupaten.

“Lomba ini untuk membuat makanan pangan berasal dari banua sendiri agar dikreasi lebih menarik dan nyaman,” ungkapnya.

Karena menurutnya, jika tampilan masakan pangan bagus, secara tidak langsung anak-anak akan tertarik dengan menu sajian yang diolah dari bahan pangan.

“Kita berharap ini dilakukan tidak hanya dalam mengikuti lomba saja, namun juga diterapkan dalam lingkungan keluarga untuk kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Abdillah
Editor : Zakiri

Pos terkait