Hadapi tahun pelayanan publik, Wabup Audiensi ke Ombudsman

Wabup dan Jajarannya saat Audiensi ke Ombudsman perwakilan Kalsel.(ist)

Marabahan, kalselpos.com– Dalam upaya menambah bekal pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai pelayanan publik Satuan Tugas (Satgas) Pelayanan Publik Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar audiensi ke Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (15/10/2020).

Wabup Batola beserta jajaran melakukan foto bersama dengan kepa Ombudsman di akhir acara.(ist)

Kegiatan langsung dipimpin Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor selaku Ketua Satgas Pelayanan Publik Batola ini diikuti seluruh anggota mulai Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan Suyud Sugiono, Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony, Inspektur Ismet Zulfikar, Plt Kepala Bapegdiklat Akhmad Mawarni, Kadiskominfo Akhmad Wahyuni, Kabag Organisasi Ibadurrahman dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Wakil Bupati H Rahmadian Noor beserta jajaran diterima Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid beserta jajaran, di Aula Kantor Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Jalan Jenderal S Parman Nomor 57 Antasan Besar, Banjarmasin.

Kepada Noorhalis Majid dan jajaran, wabup yang akrab disapa Rahmadi itu menyampaikan, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS telah menetapkan tahun 2021 sebagai tahun pelayanan publik dan untuk menuju ke arah itu telah membentuk Satgas Pelayanan Publik dalam upaya persiapan, evaluasi, pembenahan, penataan, dan perbaikan bagi setiap SKPD.

Terkait itu, katanya, maka Ombudsman dipandang lembaga yang sangat tepat dan berkompeten untuk dijadikan tempat konsultasi, dimintai bimbingan dan arahan dalam upaya penerapan pelayanan publik yang baik dan benar sesuai ketentuan yang digariskan.

“Insya Allah kami dari sekarang sudah jalan untuk mengumpulkan data-data untuk melakukan evaluasi dalam rangka mendapatkan informasi secara komprehensif mengenai pelayanan, permasalahan, dan langkah-langkah perbaikan ke SKPD-SKPD yang ada kaitan pekerjaannya dengan pelayanan,” ucap Rahmadi, (15)10) kemarin.

Kehadiran Wabup Rahmadian Noor dan rombongan mendapat apresiasi dari Kepala Ombudsman Noorhalis Majid. Ia menyatakan merasa tersanjung atas kedatangan rombongan dari Batola dalam upaya meminta masukan terkait upaya penyempurnaan pelayanan publik.

Ia menyatakan, langkah yang dilakukan Batola dalam menetapkan tahun 2021 sebagai tahun pelayanan publik sangat tepat. Mengingat di tahun itu Ombudsman akan melakukan survei kepatuhan pelayanan publik dengan mendatangi seluruh instansi pemberi layanan untuk melihat tampak depan layanan yang dilakukan terkait keberadaan petugas, penjaga, SOP, dan lainnya yang terlihat oleh mata.

Survei lainnya, sambungnya, juga dilakukan terkait kualitas dengan melakukan wawancara kepada pengguna-pengguna layanan.

“Biasanya pemda-pemda yang tinggi nilainya itu karena seluruh urusan sudah diserahkan ke DPMPTSP, sehingga yang didatangi instansi itu saja. Sedangkan yang tidak menyerahkan urusan didatangi tersendiri,” ucap Noorhalis.

Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel juga menyarankan pemkab agar mendorong para instansi untuk membuat zona integritas wilayah bebas korupsi wilayah birokrasi bersih melayani sebagai jaminan kepada masyarakat tidak terjadi pungli, gratifikasi dan lainnya.

Karena hal itu berpengaruh kepada tukin (tunjangan kinerja) dan anggaran, terutama pusat.
Noorhalis memaparkan, yang sering jadi kendala dalam pelayanan publik terkait akses terhadap semua orang, baik para mayoritas maupun kaum disabilitas. Di samping yang tak kalah penting juga perlunya berbagai inovasi dalam upaya merespon keinginan-keinginan dan kendala masyarakat.

Audiensi ke Ombudsman ini juga berisi dialog dan konsultasi terkait langkah-langkah serta upaya pemberian pelayanan yang baik dan maksimal bagi masyarakat.

Di kesempatan audiensi ini pula Kepala Ombudsman Kalsel Noorhalis Majid memberikan 3 buah buku hasil karya pimpinan dan seluruh karyawan sebagai bentuk cenderamata dari Noorhalis yang akan mengakhiri masa tugasnya pada Desember mendatang.

Di akhir acara Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor dan Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel masing-masing beserta jajaran melakukan foto bersama.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi/relhum
Editor : Muliadi

Pos terkait