Berita Nomor 4 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :Penertiban Tambang Liar di Desa Madang : Aparat Tak Temukan Aktivitas

  • Whatsapp
POLIS LINE- Petugas melakukan polis line di lokasi peti batubara di Desa Madang Kecamatan Padang Batung (ist)‎

Berita Nomor 4 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :Penertiban Tambang Liar di Desa Madang : Aparat Tak Temukan Aktivitas

 

Bacaan Lainnya

Kandangan,kalselpos.com– Menyikapi laporan pihak PT Antang Gunung Meratus (AGM) terkait adanya aktivitas penambangan batubara tanpa izin (ilegal) di dekat Situs Benteng Madang, di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akhirnya dilakukan penertiban oleh pihak kepolisian.

‎Kasat Reskrim Polres HSS, AKP Bala Putra Dewa mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan penertiban berdasarkan surat pengacara PT A‎GM yang masuk pada 6 Oktober 2020 yang lalu, terkait laporan adanya tindak pidana pertambangan tanpa izin di wilayah konsensi PKP2B PT AGM di Desa Madang dan Desa Padang Batung Kecamatan Padang Batung.

Menurutnya, berdasarkan surat tersebut, pihaknya telah ‎membentuk tim menindak lanjuti dan pada 8 Oktober ‎2020 berangkat ke lokasi melakukan penertiban.

Namun saat sampai di lokasi, karena sudah terlebih dahulu dari Satgas Peti PT AGM dan PAM OBVIT Polda Kalsel, sehingga pihaknya tidak menemukan adanya aktivitas penambangan liar.

Ia mengatakan pihak akan terus membantu dan mengontrol pihak PT AGM di kemudian hari apabila ada kegiatan peti akan diproses.

Kendati demikian, ia melanjutkan, pihaknya membutuhkan bantuan dari PT AGM selaku pemilik izin. “Untuk menertipkan pertambangan ‎tanpa izin harus mengantongi izin dari pemilik lahan yang melaporkan secara hukum kepada kepolisian, sehingga bisa ditindak,” ujarnya.

Kedepan pihaknya akan terus melakukan kontrol kedua lokasi yang dilaporkan oleh pihak PT AGM, yakni di Desa Madang, dan Desa Padang Batung, Kecamatan Padang Batung.

“Kita akan partroli setiap hari bersama tim PT AGM, PAM OBIVIT, untuk melakukan pemantauan penambang liar di konsesi PKP2B,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Zakiri