Aliansi PBB minta Reses menemui para Buruh

  • Whatsapp
Ribuan massa tergabung dalam Aliansi PBB gelar aksi unjuk rasa ke Gedung DPRD Kalsel.(dik)

Banjarmasin, ,kalselpos.com – Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Banua (PBB) gelar aksi unjuk rasa didepan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel untuk mendesak kepada Presiden RI mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

“Hari ini para buruh melakukan perlawanan, meminta kepada Presiden menerbitkan Perppu sebelum 30 hari disahkannya undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja oleh DPR RI,” ujar
Biro Hukum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Sumarlan, Kamis (22/10/2020).

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, alasan para pengunjuk rasa ini agar secepatnya Perppu dikeluarkan menyangkut 12 poin yang disebut Hoax

Menurutnya, tidak pernah dijabarkan secara menyeluruh mengenai isinya secara jelas dan rinci oleh pemerintah. Hal demikian menganggap melemahkan perjuangan kaum buruh.

“Sebenarnya Hoax itu tidak pernah dijabarkan isinya, misalnya saja pemutusan hubungan kerja hanya sebatas itu disampaikan pemerintah. Tidak menyampaikan isinya dari UU cipta kerja,” terangnya

Dari itulah, sambung Sumarlan, pihaknya kerahkan massa untuk berjuang bersama demi kepentingan kaum buruh.

Selain itu pihaknya juga meminta kepada DPR RI yang sedang reses untuk bisa menemui mereka, terkhusus 11 kursi dari daerah pemilihan Kalsel.

“Kami ingin berdialog sampaikan pendapat kami disaat reses,” pintanya.

Pihaknya menyadari tidak ada satupun dari 11 fraksi yang duduk di Komisi 9. Faktanya 11 fraksi tidak pernah terlibat dan mendekat kepada kaum buruh, sehingga tidak tahu apa keluhan rakyat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK menegaskan pihaknya mendukung dan mengapresiasi apa yang disampaikan Aliansi PBB ini, karena tidak mungkin kami wakil rakyat tidak membela rakyat, untuk itu kita dari DPRD Kalsel terus menyuarakan aspirasi para buruh ini.

“Intinya saya sebagai Ketua DPRD Kalsel meapresiasi aspirasi mereka, kemarin kami telah menyampaikan dengan DPR RI perihal itu ranahnya kami sebagai perpanjangan lidah rakyat,” tandasnya.

Sebagai bukti nyata pihaknya telah meminta sekaligus mengundang anggota DPR RI dari dapil Kalsel agar menghadirkan mereka dimasa reses ini, sehingga berbagai persoalan dari rakyat ini benar-benar ter akomidir dan ditindaklanjuti

“Tuntutan sudah kita tandatangani sampai hari selasa dan rabu untuk menghadirkan anggota dewan yang masih reses,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi