Kemenag Tanbu gelar Bimtek Hisab Rukyat

  • Whatsapp
Wabup Tanbu, H. Ready Kambo, saat memberikan sambutan di acara Bimtek Hisab Rukyat yang digelar Kemenag Tanbu. (Ist)

Batulicin,kalselpos.com – ASN dan non ASN di lingkup Kementerian Agama (Kemenag)
Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Hisab Rukyat.

Bimtek itu secara resmi dibuka Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Ready Kambo di Mahligai Bersujud, Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (20/10) siang. 

Bacaan Lainnya

Kasi Binmas Kemenag Tanbu, H.Umar dalam sambutannya mengatakan, sasaran dan tujuan dari hal Bimtek Hisab Rukyat ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi para penyuluh agama Islam di Tanbu yang memiliki motto “Bumi Bersujud”.

Menurutnya, melalui Bimtek ini nantinya para penyuluh agama bisa memberikan hal-hal yang positif terutama dalam menentukan arah kiblat dalam Islam. 

“Syarat syahnya salat salah satunya arah kiblat. Namun, pada kenyataannya banyak masyarakat yang masih ikut-ikutan terkait dengan penentuan arah kiblat,” ungkapnya. 

Setelah mendapatkan Bimtek ini H. Umar juga mengharapkan seluruh peserta baik ASN ataupun non ASN, mampu menerapkan dan menberikan hal ini terkait dengan penentuan arah kiblat di tengah masyarakat Tanbu.

Dijelaskan oleh H. Umar para penyuluh nantinya akan melakukan kompas ulang arah kiblat di rumah masyarakat. 

“Untuk jumlah total penyuluh ada sebanyak 99 orang yang tersebar di 10 Kecamatan di Tanbu, dengan status 1 penyuluh ASN dan 98 penyuluh non ASN,” sebutnya. 

Sementara itu, H. Ready Kambo menyampaikan atas nama Bupati dan Pemkab Tanbu, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi Bimtek bagi para penyuluh keagamaan di Tanbu baik yang ASN ataupun non ASN. 

Sebab hal itu menurutnya sangat sejalan dengan pilar Tanbu dalam rangka membanggun sumber daya manusia yang handal dan kompetisi, disertai dengan keagamaan untuk masyarakatnya. 

“Oleh karena itu, pada momentum ini yang dilakukan para penyuluh agama Islam yang juga sebagai ujung tombak Kemenag Tanbu di lapangan, bisa memberikan hal yang maksimal dalam penentuan siar dan arah kiblat di Tanah Bumbu,” tutup H. Ready Kambo. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Pos terkait