Dewan Tinjau Lokasi Tambang Batubara Ilegal di Gunung Madang ‎

  • Whatsapp
MENINJAU- DPRD Kabupaten HSS meninjau lokasi tambang batubara ilegal di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung (Sofan). ‎

Kandangan,kalselpos.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), meninjau lokasi tambang batubara ilegal di kawasan Gunung Madang yang dekat dengan situs cagar budaya Benteng Madang, di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, Rabu (21/10/2020).

Peninjauan ke lokasi tambang batubara ilegal ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten HSS, Akhmad Fahmi, Wakil Ketua I, Rodi Maulidi, Wakil Ketua II, Muhammad Kusasi, dan perwakil Komisi I, II, dan II, serat didamping jajaran Dinas Perumahanan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH), Camat dan Kepala Desa setempat.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten HSS, Akhmad Fahmi, mengatakan peninjauan kepalangan dilakukan karena banyak mendapatkan laporan dari masyarakat ada aktivitas peti di Desa Madang.

“Hasil pantauan dilapangan memang ada bekas-bekas galian tambang, namun sudah tidak ada aktivitas lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, hasil peninjauan ke lokasi tambang batubara ilegal ini akan disampaikan kepada pemerintah daerah (pemda), dan melaporkan kepada pihak kepolisian Polres HSS untuk terus ditindak lanjuti, sehingga tidak terjadi lagi penambangan liar di Kabupaten HSS.

“Sebagai DPRD kita hanya bisa melakukan pengawan dan menyampaikan hasilnya kepada pemda dan penegak hukum untuk menindak lanjutinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispera KPLH Kabupaten HSS, Ronaldy Prana Putra, mengatakan penambangan yang diterjadi di Desa Madang jelas tidak memiliki izin yang masuk dalam areal lahan Perjajian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) milik PT Antang Gunung Meratus (AGM).

Menurutnya, untuk menyelesaikan kasus penambang batubara ilegal ini pihaknya terus mengoptimalkan komunikasi dengan pihak terkait sesuai dengan kemewanang masing-masing dan PT AGM sebagai kawasan mereka.

“Lahan yang ditambang ini masuk areal PT AGM dan sampai saat ini mereka belum melakukan penambangan di areal ini,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Zakiri