Tim Kecamatan Bataguh laksanakan Monev di 2 Desa

  • Whatsapp
. Tim Kecamatan Bataguh saat melaksanakan monev di kantor Desa Budi Mufakat.(Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com – Untuk mengusulkan penggunaan Dana Desa (DD) tahap III, maka hasil pembangunan atau penggunaan DD tahap II dilakukan monitoring dan evaluasi (monev).

Perangkat Desa Budi Mufakat saat mengikuti monev dari Tim Kecamatan Bataguh.(Ist)

Tim Kecamatan Bataguh, Senin (19/10) mulai pukul 09.00 WIB melaksanakan monev di Desa Budi Mufakat dan Sei Lunuk untuk menilai apa saja penggunaannya oleh pemerintah desa dalam menyerap DD.

Bacaan Lainnya

Dengan menggunakan angkutan air milik Desa Budi Mufakat, sesampai di desa tersebut Tim Kecamatan Bataguh langsung melaksanakan. monev di kantor kepala desa. Kemudian di Desa Sei Lunuk yang berada di seberang Desa Budi Mufakat.

Sekretaris Camat Bataguh, Syuryadin SH yang memimpin monev mengatakan, kegiatan ini bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan sekaligus untuk dua desa, karena penggunaan DD di dua desa yang berseberangan ini, tidak dalam bentuk pembamgunan pisik.

“Kita lebih banyak membenahi administrasi, masukan lain SPJ harus dilengkapi. Untuk BPD sering-sering rapat untuk mempersiapkan LKPDes.
Ada saran untuk desa, pemasukan kecamatan supaya lebih diaktifkan melalui pembayaran pajak sarang burung Walet. Diatur sebagaimana baiknya,” saran Syuryadin.

Untuk kedua desa, pelayanan terpadu sudah menunjukan kemajuan. “Inilah hasil dengan diadakannya kegiatan monev ini, bisa memberi masukan untuk kemajuan,” kata Syuryadin.

Kepala Desa Budi Mufakat, mengakui, masih banyak kekurangan, namun dengan monev akan memberikan motivasi. Bumdes untuk laporan akan segera disampaikan pada pengelola. SPJ yang menyesuaikan dengan tanggal terdekat akan dipenuhi. Harga asset akan segera dibenahi.

“Kita akan memperbaiki untuk melengkapi demi kebaikan dan itulah manfaat dari monitoring.
Sebelum mengajukan DD tahap III akan segera terpenuhi sambil menyelesaikan serah terima. Kendala kita mengadakan Musrembang, Ketua RT masih panen di luar desa, kecuali kalau sudah kumpul baru bisa kita adakan,” ungkap Hendy Murdiono.

Sementara Kades Sei Lunuk, Manto Susilo juga mengutarakan hal yang sama. “Setelah monev ini nantinya akan mengevaluasi semua yang sudah di beri masukan pihak kecamatan,” ucapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE