Rapat Paripurna, Bupati Tanbu sampaikan Perubahan Perda

  • Whatsapp
H. Rooswandi Salem SE MM membacakan jawaban Bupati pada rapat paripurna DPRD Tanbu. (Ist)

Batulicin,kalselpos.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar rapat paripurna guna mendengarkan jawaban bupati atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap perubahan Peraturan Daerah (Perda).

 

Bacaan Lainnya

Adapun Perda yang disampaikan yakni Perda nomor 2 Tahun 2012 dan tentang perubahan ke empat atas Perda Nomor 1 Tahun 2012.

Rapat Paripurna dipimpin oleh WaJawaban atas Bupati Tanbu yang dibacakan oleh H. Rooswandi Salem, selaku Sekretaris Daerah Tanbu, mengatakan, perubahan sangat diperlukan terutama untuk menyesuaikan dengan kewenangan daerah. Hal itu sudah ditentukan dalam Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. kil Ketua DPRD Tanbu,  Agoes Rakhmadi di ruang rapat utama DPRD Tanbu, pada hari Senin (19/10) siang. 

Kemudian menyesuaikan juga terhadap Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayanan peraturan pemerintah  nomor 15 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Perhubungan Nomor PM 72 Tahun 2017.

“Dalam Kemenhub tersebut menggatur tentang jenis struktur golongan dan mekanisme tentang tarif jasa kepelabuhan,” imbuh H. Rooswandi Salem.

Dijelaskannya juga hal lain yang menjadi dasar perubahan pada Perda ini adalah, retribusi jasa lain yang belum termuat dalam Perda terdahulu. Sementara terdapat potensi penerimaan daerah yang besar atas penggunaan fasilitas bandara, penggunaan fasilitas tempat pelelangan ikan serta penjualan produksi daerah seperti bibit ataupun benur. 

Diharapkan dengan adanya Perda ini nantinya akan mampu menaikan PAD serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat Tanbu.

“Adapun penentuan besaran tarif dalam hal ini tentunya disesuaikan dengan data dan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, terang H. Rooswandi Salem. 

Pada agenda paripurna tersebut, dihadiri Ketua DPRD Tanbu H. Supiansyah ZA, Pimpinan Forkopimda, dan seluruh pimpinan SKPD di Pemkab Tanbu. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE