Perda Badan Hukum PDAM Bandarmasih segera Tuntas

  • Whatsapp
Ketua Pansus Raperda Badan Hukum PDAM HM Faisal Hariyadi (kanan), didampingi anggota Rahman Nanang Riduan.

Banjarmasin, kalselpos.com– Panitia Khusus (Pansus) Raperda Badan Hukum PDAM di DPRD Banjarmasin memastikan, menuntaskan pembentukan peraturan daerah itu. Perda tersebut akan menentukan dan merubah status PDAM Bandarmasih menjadi Perseroda.

“Raperda Badan Hukum PDAM Bandarmasih menjadi Perseroda ini, jadi target untuk dapat selesai di tahun 2020 ini,” ujar Ketua Pansus Raperda Badan Hukum PDAM HM Faisal Hariyadi.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, perubahan badan hukum PDAM menjadi Perseroda itu, hanya akan berimplikasi kepada besaran ketentuan investasi saham dan para pemilik modal. Tidak menyentuh penentuan besaran tarif di luar hasil keputusan bersama.

“Dalam regulasi itu, pihak yang bisa menanam modal hanya pemerintah pusat, provinsi dan Pemko Banjarmasin. Saham terbanyak tetap Pemko, jadi ketika dalam menentukan tarif dewan masih bisa intervensi,” jelas Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin ini, didampingi anggota Rahman Nanang Riduan, kemarin.

Status Perseroda bagi PDAM diharapkan bisa mengembangkan sayap usaha, seperti plan bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), termasuk ekspansi pelanggan ke daerah tetangga.

“Kami siap memperjuangkan jika perlu penambahan modal melalui rapat anggaran. Terlebih bila keuntungan dari sayap usaha tersebut bisa digunakan sebagai subsidi untuk meringankan tarif untuk pelanggan PDAM,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Aspihan Zain