Penataan Sungai Belasung Ditargetkan Selesai dalam Dua Bulan

  • Whatsapp
pembangunan siring Sungai Belasung, Banjarmasin sudah mulai dikerjakan (fudail)

Banjarmasin, ,kalselpos.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin telah memulai penataan Sungai Belasung sejak bulan Oktober yang lalu.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hisbut Wathoni mengatakan, proyek pembangunan yang disusun sejak tahun 2019 lalu, telah menyelesaikan tahapan lelang dan dialokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta selesai pada akhir tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Mudah – mudahan penataan sungai Belasung ini bisa selesai pada akhir tahun ini,” ucapnya pada awk media Walthoni, Senin (19/10/20).

Iaenjelaskan, pembangunan siring sungai belasung ini dimulai dari pintu air utama yakni disamping markas Balakar Jalan RE Martadinata dengan panjang 100 meter.

“Pembangunannya bertahap, sebagian projeck dibuatkan siring sepanjang 100 meter dulu. Nanti akan dilanjutkan hingga ujung sungai yakni sekitar 400 meteran,” ujarnya.

Selain itu, ia menuturkan, bahwa pembangunan ini juga dilengkapi dengan titian di sepanjang sungai kemudian juga dilengkapi dengan fasilitas jembatan penyeberangan kecil serta taman.

Namun, rencana tersebut terpaksa harus ditunda dikarenakan terjadinya pergeseran anggaran ke penanganan Covid-19 yang mencapai Rp 30 M.

“Dari anggaran semula bidang sungai sebesar 33, 4 miliyar lebih di tahun 2020. Semoga di tahun depan keberadaan taman ini bisa kita anggarkan kembali,” ungkapnya.

Pria dengan sapaan Tony ini menjelaskan, pembangunan siring Sungai Belasung menjadi prioritas pembangunan dibidangnya karena sungai tersebut sudah begitu dangkal.

“Pembebasan bangunan sudah beres, meskipun ada beberapa rumah juga yang minta waktu. Namun secara keseluruhan pembagunan ini sudah bisa dikerjakan,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan siring di Sungai Belasung ini akan dijadikan contoh penataan sungai di Kota Banjarmasin. “Ini sebagai contoh penataan Sungai Belasung agar bisa direvitalisasikan supaya hidup kembali,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri