Desa Budi Mufakat mendapatkan program HID PAM Simas

  • Whatsapp
PAM Simas Desa Budi Mufakat dari Hibah Insentif Desa. (Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.comDesa Budi Mufakat Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapatkan program Hibah Insentif Desa ( HID) untuk Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAM Simas) dari PUPRSigap Membangun Negeri.

H Joko Murtono, Direktur BUMDes mengatakan, Desa Budi Mufakat mendapatkan HID tersebut karena dianggap sukses mengelola air minum bersih dan sehat untuk desa.

Bacaan Lainnya

“Karena prestasi itu, Dinas PUPR bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, memberikan hibah Insentif Desa kepada kita Desa Budi Mufakat,” sebut H Joko Murtono.

Kepala Desa Budi Mufakat, Hendy Murdiono, menambahkan, desanya merupakan 16 desa yang terpilih dari sekian desa yang ada di Indonesia, dimana akan menjadi percontohan dalam menangani sanitasi. “Nantinya di tahun 2021, akan banyak pelatihan yang kita ikuti untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kita,” ujarnya.

2. Dengan adanya PAM Simas ketersediaan air bersih yang sehat akan tercukupi.(Ist)

“Kendalanya dalam menyambung instalasi PAM Simas ini, kita terkendala oleh jauhnya jarak rumah ke rumah dan antar RT juga, karenanya menjadi biaya tinggi untuk itu,” imbuh Hendy.

Sementara ini, Desa Budi Mufakat, menganggarkan kedepannya untuk biaya sambungan pipa. “Sambil melihat kapasitas atau kemampuan mengaliri air sampai dimana,” terang Hendy.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE