3 DPRD Kabupaten di Kalimantan Study Banding Ke DPRD Tapin

Sambutan kunjungan kerja anggota DPRD Kutai Kartanegara ke DPRD Tapin

Rantau,kalselpos.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tapin mendapat kunjungan balasan dari 3 (Tiga) wakilan rakyat. Yakni dari DPRD Kabupaten Pulang Pisau dan DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah serta Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (15/10/2020) kemarin.

Pertukaran cendera mata masing-masing daerah usai melakukan pertemuan

Ketiga rombongan ini secara bersama-sama datang ke DPRD Tapin untuk melakukan study banding.

Bacaan Lainnya

Mereka disambut langsung oleh Ketua DPRD Tapin, Yamani, Wakil Ketua DPRD Tapin, Midpay Syahbani dan anggota DPRD Tapin, Ikhwanudin Husin.

Turun mendampingi dalam pertemuan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tapin, Rahmadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tapin, Fauziah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Tapin, Lailian Noor.

Ketua DPRD Tapin, Yamani menjelaskan, bahwa ketiga rombongan dari berbagai daerah yang datang yaitu DPRD Pulang Pisau, DPRD Barito Timur dan DPRD Kutai Kartanegara dengan tujuan berbeda-beda.

Seperti DPRD Kabupaten Pulang Pisau datang untuk melakukan study banding terkait regulasi pemilihan kepala desa serentak baik dari aturan penganggarannya.

DPRD Kutai Kartanegara terkait Pansus raperda permusyawarakatan desa dan perlindungan anak, kemudian DPRD Kabupaten Barito Timur terkait Omnibus Law dan sharing penerapan peraturan presiden nomor 33 tahun 2020 tentang standar Harga Satuan Regional yang sudah dilakukan DPRD Tapin.

Pada pertemuan itu, Dewan Tapin juga menghadirkan dinas sesuai bidang yang dipelajari yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, DP3A dan Dinas Tenaga Kerja kab Tapin.

“Kita patut bersyukur, daerah kita menjadi tempat pembelajaran atau sharing daerah lain, selain bersilaturahmi sesama anggota dewan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap semoga para wakil rakyat yang melakukan pembelajaran ke DPRD Kabupaten Tapin ini bisa mengadopsi yang yang telah dipelajari.

“Kemudian diterapkan di daerahnya menyesuaikan kondisi daerah masing-masing,” tambahnya.

Sementara Pimpinan Anggota Dewan Kutai Kartanegara Hamdan mengucapkan terima kasih atas diterimanya kunjungan kerja mereka di DPRD Kabupaten Tapin.

“Selain bersilaturahmi sesama wakil rakyat, tentunya sebagai sharing pembelajaran untuk membangun daerah menjadi lebih baik,” ujarnya.

“Adapun tujuan kami melihat sekaligus penerapan terkait dengan Pansus Raperda Badan Permusyawaratan Desa dan Perlindungan Anak,” pungkasnya.

Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cendera mata oleh masing-masing daerah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Abdillah
Editor : Zakiri