Berita Nomor 10 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :Ketua PKK Tinjau Tes IVA dan SADANIS ‎

MENIJAU- Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, meninjau pelaksanaan p‎emeriksaan test IVA dan SADANIS (Kominfo)‎

Berita Nomor 10 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :Ketua PKK Tinjau Tes IVA dan SADANIS ‎

 

Bacaan Lainnya

Kandangan, kalselpos.com– Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj Isnaniah Achmad Fikry didampingi wakilnya Srie Astuti Syamsuri Asyad, meninjau kegiatan pemeriksaan test inspeksi visual asam asetat (IVA) dan periksa payudara secara klinis (‎SADANIS‎) yang digelar oleh Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Wasah Kecamatan Simpur, Selasa (13/10/2020) di Puskesmas Wasah.‎

Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Hj Isnaniah, mengatakan tek IVA dan SADANIS ini dilaksanakan setiap tahun untuk menghindari penyakit kangker payudara dan kangker rahim.

‎‎Meskipun tahun ini terjadi pandemi covid-19, kata Isnaniah, pelaksanaan kegiatan tes IVA dan ‎SADANIS disemua kecamatan se-Kabupaten tetap dilaksanakan.

“Semoga dengan pemeriksaan rutin para wanita dan ibu-ibu bisa terhindar dari kanker, terutama kanker payudara dan kanker rahim,” imbuhnya.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Simpur, Septia Lisdawati, mengatakan kegiatan tes IVA dan SADANIS semua desa se-Kecamatan Simpur, yang masing-masing desa 15 orang.

Ia berharap, melalui pemeriksaan secara bertahap dan rutin dilakukan‎ semakin banyak wanita Indonesia, khususnya wanita diusia produktif wilayah Kecamatan Simpur tetap sehat.

“Semoga wanita Indonesia dijauhkan dari penyakit kanker payudara dan kanker rahim,” harapnya.‎

Mariati, Warga Desa Ulin, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tes IVA dan SADANIS yang dilakukan secara rutin untuk mengetahui penyakit kangker payudara dan kangker rahim.

“Kegiatan tes IVA dan SADANIS ini sangat baik bagi kaum perempunlan agar terhindar dari penyakit kangker payudara dan kangker rahim,” ujarnya singkat.‎

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Zakiri