Terusan Makmur terima bantuan PAM Simas

PAM Simas bantuan PUPR-PKP Kabupaten Kapuas di Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh.(Ist)

Kuala kapuas, kalselpos.com – Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas Kalteng
menerima bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAM Simas).

2. Kepala Desa Terusan Makmur, I Gusti Wayan Sudarmawan. (Ist)

Bantuan itu diserahkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PKP) Kabupaten Kapuas, kepada
Kepala Desa Terusan Makmur, I Gusti Wayan Sudarmawan, Kamis ((15/10).

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya PAM Simas ini, masalah air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat dapat teratasi terutama di musim kering atau kemarau,” ujar Wayan.

Tak lupa ia mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada PUPR-PKP Kabupaten Kapuas yang telah membantu desanya dengan penyediaan air bersih.

“Nantinya penggunaan air bersih ini akan kita atur kembali bersama BPD dan pihak terkait lainnya di desa kita, seperti RT dan tokoh masyarakat lainnya,” tutur Wayan.

Terpisah, Sekretaris Camat Bataguh, Suryadin SH ditemui di kantornya Jalan Pematang Sawang, Desa Sei Lunuk, mengatakan, dengan adanya PAM Simas di Desa Terusan Makmur permasalahan air bersih sudah teratasi terutama pada musim kemarau.

Dijelaskankannya, tidak bisa dipungkiri, air bersih itu hal yang sangat dibutuhkan warga desa setempat. Apalagi saat ini Pemkab Kapuas sedang gencar-gencarnya menekan angka stunting. Air bersih adalah adalah salah satu penunjang. terang Suryadin.

“Terkait lagi dengan penerapan protokol kesehatan seperti tertuang dalam Perbup nomor 46 tahun 2020, cuci tangan dengan air, tentunya air bersih yang mengalir sangat diperlukan,” terang Suryadin.

Diketahui, Desa Terusan Makmur adalah sebuah desa yang berada di anak sungai terusan yang menghubungkan Sungai Kapuas Murung dan Sungai Kahayan.

Walaupun berada di bantaran anak sungai, namun debit air sungai bergantung pada pasang surut.

Selama ini yang yang menjadi kendala warga desa pada saat air sungai surut terlebih di musim kemarau akan mengalami kekeringan sehingga terjadi krisis air bersih.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE