Warga Desa Gunung Besar gelar Pesta Adat Dayak

Anwar Salunjang memberikan sambutan pada acara pesta adat budaya dayak di Gunung Sawaan Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat, Tanbu.(Ist)

Batulicin, kalselpos.com -Pesta adat budaya dayak di Gunung Sawaan Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat, dihadiri Anwar Salunjang, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia mewakili Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu).

Acara kearifan lokal bernuansa tradisional Dayak ini digelar pada hari Kamis (15/10) siang yang juga diikuti oleh seluruh masyarakat Dayak se Tanbu dan Kotabaru.

Bacaan Lainnya

Mentikai yang juga Ketua FIDN Tanbu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemkab Tanbu yang mewakili Bupati.

“Juga kepada masyarakat atau peserta acara adat yang senantiasa mengedepankan protokol kesehatan, sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan baik,” ucap Mentikai.

Sementara itu Damang Tanbu, Abdul Karim menyampaikan kepada masyarakat, agar berperan serta mensukseskan Pilkada serentak dengan menjaga stabilitas keamanan dan tidak Golput.

Kemudian, Abdul Karim juga meminta kepada Pemkab Tanbu supaya membut Perda atau aturan sebagai naungan atau payung hukum masyarakat adat. baik masyarakat Dayak yang berada di pedalaman ataupun di kota.

Kemudian, Anwar Salunjang mewakili Bupati Tanbu, H. Sudian Noor menyampaikan, rasa hormat dan bahagia atas terselenggaranya acara pesta Dayak yang di Kecamatan Simpang Empat.

Selain menjadi wahana mengenalkan budaya khas dan kekayaan negara, acara ini juga sebagai wadah silaturahmi yang memiliki beragam suku dan kebudayaan dengan nuansa etnik.

“Semua itu merupakan kearifan lokal dan warisan leluhur pendahulu kita yang perlu dijaga dan dilestarikan. Semoga kedepan akan lebih semarak dan lebih meriah lagi,” harap Anwar Salunjang.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE