Bawaslu Kotabaru mintai Keterangan Saksi dugaan Pelanggaran Kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotabaru sudah melayangkan surat ke pihak-pihak terkait, mengenai penanganan dugaan pelanggaran pilkada.

Kotabaru, kalselpos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotabaru terus bekerja. Bahkan sudah melayangkan surat ke pihak-pihak terkait, mengenai penanganan dugaan pelanggaran oleh peserta kontestasi Pilkada di wilayah itu.

“Hari ini kami layangkan surat, kepada pelapor,” ungkap Ketua Bawaslu Kotabaru Mohamad Erfan melalui Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Rusdiansyah, Rabu (14/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Rusdiansyah surat yang dilayangkan kepada pelapor untuk diminta keterangannya mengenai dugaan pelanggaran pilkada. “Keterangan diminta dari pelapor atas laporan sendiri,” jelas Rusdiansyah.

Selain pelapor, pihaknya juga akan meminta keterangan saksi-saksi. Baik saksi dari pelapor maupun saksi dari terlapor. “Saksi dari kedua-duanya (pelapor/terlapor) tetap dipanggil,” imbuh Rusdiansyah.

Setelah semua selesai dimintai keterangan, make Bawaslu akan meminta keterangan tiga terlapor, seperti yang ada dalam laporan kuasa hukum 2BHD (Burhanudin-Bahrudin). “Yang dilaporkan kan ada tiga. Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait kegiatan di Gow Lowo, kegiatan di Desa Tarjun, dan Kepala Desa Sarangtiung,” ucapnya.

Karena ada tiga laporan, untuk penanganan dugaan pelanggaran pilkada ini, Bawaslu membentuk tiga tim. Terdiri dari Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian.

“Satu tim yang soal ASN, satu tim lagi soal pelanggaran di Tarjun, dan satu tim yang mengenai kades Sarangtiung. Dalam satu tik ada koordinatornya,” sambung Rusdiansyah.

“Penanganan ini 3+2. Maksudnya selama tiga hari, bila belum cukup ditambah lagi dua hari. Selama penanganan kami (Bawaslu Kotabaru) akan dibekup Bawaslu Kalsel,” lanjutnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain