Zona Merah di Banjarmasin Bertambah 1 Kelurahan

Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Saat ini sepertinya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin harus lebih bersabar dalam upaya menghijaukan kawasan Banjarmasin dari paparan virus Corona.

Pasalnya, dari satu kelurahan yang masih zona merah, yakni Kelurahan Seberang Mesjid yang rencananya ingin dihijaukan di pertengahan Oktober, kini kawasan zona merah malah bertambah satu kawasan lagi.

Bacaan Lainnya

Kawasan yang baru menjadi zona merah tersebut adalah Kelurahan Sungai Miai.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi membeberkan, saat ini terdapat 43 kelurahan telah masuk zona hijau, sedangkan 7 kelurahan zona kuning dan 2 kelurahan zona merah.

“Dari hasil surveilans di seluruh puskesmas, ternyata ada tambahan satu kelurahan zona merah yaitu kelurahan Sungai Miai,” ungkapnya dihadapan awak media, Rabu (13/10/2020).

Ia menjelaskan, terjadinya penambahan zona merah itu dikarenakan adanya temuan 10 warga yang terkonfirmasi positif dan satu orang yang dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 di kelurahan tersebut.

Sehingga, ia menekankan kepada masyarakat agar tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan dengan benar. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan kasus Covid-19, agar seluruh kelurahan di Banjarmasin menjadi zona hijau.

“Jangan sekali-kali euforia dengan zonasi hijau ini. Tidak ada garansi wilayah itu akan tetap hijau,” tukasnya.

Ia menyebut, perubahan zonasi sangat ditentukan dengan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan 4 prinsip dasar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Terutama masker. Karena penularan Covid-19 itu melalui droplet atau tetesan air liur. Sehingga memakai masker itu wajib hukumnya untuk melawan Covid-19,” tandasnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri