Puskesmas Danau Panggang Ajarkan Warga Tangani Covid-19

Pemberian informasi tentang Covid-19 kepada masyarakat Danau Panggang (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Puskesmas Danau Panggang ajarkan masyarakat di Danau Panggang terkait cara penanganan dan menghindari penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh pihak Puskesmas Danau Panggang saat pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) tentang bahaya Virus Corona (Covid-19) di Kantor Polsek Danau Panggang, Rabu, (14/10/2020).

Bacaan Lainnya

Perwakilan sekaligus pemateri dari Puskesmas Danau Panggang Lia Restiawati mengatakan, Virus Corona atau Covid-19 ini sulit terdeteksi, namun ada gejala yang ditimbulkan.

“Sebaiknya dalam pandemi Covid-19 ini kita harus sadar akan bahaya dari virus yang menginfeksi jaringan pernapasan manusia yang bisa menyebar dan mematikan ini. Virus tersebut tidak terlihat, tidak berwarna dan tidak berbau, untuk itu kita harus menerapkan pola hidup sehat, ” paparnya.

Ia menuturkan, cara mengatasi virus ini, ialah dengan selalu memakai masker saat beraktifitas, menjaga jarak, sering mencuci tangan dan mengkonsumsi makan bergizi serta secepatnya periksa kondisi kesehatan ke puskesmas dan pusat kesehatan desa (puskesdes).

“Bilamana ada gejala demam, pusing serta gejala menurunnya daya tahan tubuh. Kemudian, jangan lakukan kontak fisik dengan siapapun,” tutur Lia.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres HSU AKP Hartoyo dalam kesempatan FGD menyampaikan situasi kamtibmas terkini termasuk pandemi covid-19. Menurutnya, yang dipaparkan dari Puskesmas Danau Panggang tadi sebaiknya diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentunya, selalu memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Tinggalkan kerumunan. Kadang kita tidak sadar serba ingin tahu mana kala ada kerumunan tanpa kita sadari jarak kita dengan orang lain saat berkerumun. Padahal hal ini berpotensi penularan covid-19. Untuk itu dengan istilah 3M dan 1 T mari kita terapkan bersama sama,” tutur Kasat Binmas.

Dalam keKasat Binmas AKP Hartoyo turut memaparkan bahaya Narkoba dikalangan masyarakat yang masih ada oknum warga mengkonsumsi Narkoba. Terbukti Sat Resnarkoba Polres HSU dan Polsek berhasil mengungkap kasus Narkoba terutama di wilayah Kecamatan Danau Panggang.

“Informasikan bila mana ada oknum warga yang memakai apa lagi mengedarkan Narkoba dan obat terlarang lainnya, kami jamin kerahasiaan pelapor,” ujarnya.

Dirinya juga menyinggung, terkait Demo yang beberapa hari lalu terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia terkait undang undang cipta kerja (Omnisbus Law).

Ia mengharapkan masyarakat tidak terhasut dan tidak ikut-ikutan demo, karena rawan terpapar covid-19 dan menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Hal lain terkait pelaksanaan Pilgub Kalsel, mari kita sama – sama sukseskan Proses Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalsel dengan bersama sama kita ciptakan sitkamtibmas yang aman, damai dan sehat ” tutup Kasat Binmas.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor : Zakiri