Pemkab Balangan Usulkan PDAM Menjadi Perusahaan Terbatas

Kabag Ekonomi Setda Balangan Mahli.( Kurnadi)

PARINGIN,kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Balangan beberapa waktu yang lalu telah mengusulkan Raperda Badan Hukum PDAM Balangan menjadi peraturan daerah (Perda).

Kabag Hukum Setda Balangan ,H Iwan Setiadi,Senin ( 12/10 ) mengatakan, pihaknga memang telah mengajukan Raperda Badan Hukum PDAM Balangan menjadi peraturan daerah.

Bacaan Lainnya

Menurutnya seandainya disetujui oleh DPRD Balangan prosesnya masih panjang kita akan melakukan konsultasi Ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan kementrian terkait.

“Jadi kita dulu proses berjalan sesuai prosudur yang berlaku harapan kita PDAM Balangan ,harus berubah status dari perusahaan daerah(PD) menjadi perusahaan Terbatas( PT),”paparnya.

Sementara itu Kabag Ekonomi Mahli,l menambahkan, sesuai perubahan badan hukum PDAM Balangan yang dasar pendiriannya Nomor 5 tahun 1962 dan dikuatkan dengan UU.No.23 tahun 2014 Tentang pemerintahan yang berisi tentang perusahaan daerah.

Disampaikannya, sehingga PDAM Balangan mempunyai peluang untuk berubah status perusahaan daerah menjadi perusahaan Terbatas ( PT) PDAM Balangan dimiliki dua pemerintahan yaitu Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Balangan yang mempunyai saham dominan sebanyak 94 persen ,sesuai peraturan. pemerintah Nomor 54 tahun 2017.

“Pemerintah Kabupaten Balangan mempunyai kewajiban untuk mengusulkan status dari perusahaan daerah menjadi perusahaan terbatas sehingga memungkinkan untuk mengembangkan usahanya lebih luas dan membuka peluang untuk pihak ke tiga masuk menjadi salah satu perusahaan menjadi penyerta modal PDAM.

Mahli juga memaparkan bahwa PDAM Balangan urutan ke tiga terbaik di Kalimantan Selatan. Namun bukan dari segi laba kerena PDAM Balangan selalu merugi tetapi dari segi pelayanan publik yang mencapai 80 persen dan jaringannya sudah menjangkau 8 kecamatan di Kabupaten Balangan.

“Kerena pelayanan ke masyarakat lebih utama dari pada segi keuntungan/laba,”pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:kurnadi
Editor:wandi