Ini Alasan PKS Tolak RUU Omnibus Law

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kalsel, Firman Yusi. (dik)

Banjarmasin, kalselpos.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera,
(PKS) tolak Rancangan Undang – Undang (RUU) Omnibus Law. Ada dua hal dasar dalam penolakannya.

Pertama secara prosedural yang dirasa kurang terbuka kepada publik dalam proses pembahasannya. Terlebih lagi dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19 dengan pembatasan orang ke dalam ruang diskusi. Artinya kualitas pembahasan tersebut dianggap sangat tergesa-gesa, sebab RUU Omnibus Law mempengaruhi 1.200 lebih pasal yang terdapat didalam 79 Undang – Undang, terutama ke arah nasib buruh, sehingga tidak memenuhi standar ideal dari sisi keterbukaan.

Bacaan Lainnya

“Pandemi sekarang ini tidak secara lebih luas lagi dalam pembahasannya, dengan situasi ini ditambah komunikasi dengan masyarakat sangat penting dalam Omnibus Law itu,” ujar Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kalsel, Firman Yusi, Senin (12/10).

Di sisi ke dua, mengenai subtansi dari RUU Omnibus Law terdapat pasal-pasal yang justeru mengarah kepada kepentingan para pengusaha, di antaranya Omnibus Law cipta kerja. Misalnya Undang-Undang Ketenagakerjaan terdapat penjelasan mengenai beberapa cuti, namun di RUU Omnibus Law cipta kerja cuti diatur dalam perjanjian antara pengusaha dan pekerja.

“PKS bukan saja menolak Omnibus Law cipta kerja, tetapi juga di bidang lainnya, seperti lingkungan hidup yang tidak diperlukannya lagi analisis dampak lingkungan serta mengenai petani,” katanya.

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel menyebut dari sudut pandang fraksi PKS RUU Omnibus Law ini tidak saja berpihak pada masyarakat, tetapi justeru ke pengusaha. Walaupun kita mengapresiasi beberapa hal baik yang termuat di dalamnya.

“Semoga keadaan ini cepat reda dan Indonesia maupun Kalsel tercipta situasi yang aman dan sejuk, untuk itulah Pemerintah serta pengambil kebijakan harus menyelesaikan polemik Omnibus Law ini,” harapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi