Categories: KALSEL

Warga Tembikar ingin pindah layanan Air Bersih ke PDAM Bandarmasih

Banjarmasin, kalselpos.com – Puluhan warga Desa Simpang 4 Jalan Tembikar Kanan, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar difasilitasi Forum Pelanggan Air Minum (Forpam) Kalsel sambangi PDAM Bandarmasih.

Mereka menyampaikan keluhan yang mereka alami selama ini atas pelayanan PDAM Intan Banjar dinilai tidak memuaskan dan mendesak agar 500 lebih pelanggan pindah ke PDAM Banjarmasin.

Sebelum sambangi PDAM Bandarmasih, 2 tahun lalu mereka sudah mendatangi PDAM Intan Banjar dan manajemen tetap bersikukuh untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami merasa pelayanan Intan Banjar tidak maksimal memberikan pelayanan, karena air sering tidak mengalir,” tuturbsalah seorang warga Tembikar Kanan, Jumat (9/10).

Dikatakannya, selama ini air mengalir di waktu tertentu saja, misal dari pukul 01.00 sampai 04.00 pagi, itu pun airnya keluar kecil, setelah itu kembali terhenti.

Sekarang dalam beberapa bulan terakhir lebih parah lagi distribusi tidak mengalir 24 jam, sehingga masyarakat harus mengeluarkan budget lebih lagi untuk beli air.

Menurutnya, selama PDAM Intan Banjar menyiasati pelayanan mobil tangki, namun tetap tidak dapat mengakomodir secara keseluruhan.

“Kami ingin segera pindah ke PDAM Bandarmasih untuk mendapatkan pelayanan air bersih, karena komplek perumahan mereka hanya berjarak sekitar 200 meter dari pelayanan PDAM Bandarmasih,” ungkapnya.

Andi selaku wakil Ketua Forpam Kalsel berharap kalau memang PDAM Intan Banjar tidak mampu idealnya harus menyerahkan kepada PDAM Bandarmasih, karena ini menyangkut kebutuhan dasar orang banyak, dulu rekomendasi pernah diberikan Ombudsman Kalsel kepada PDAM Intan Banjar agar pelayanan ini di alihkan ke PDAM Bandarmasih jika tidak sanggup.

“Jika toh keinginan warga ini menemui jalan buntu, kami akan menyampaikan keluhan masyarakat ini ke Komisi II DPRD Provinsi Kalsel,” ujarnya.

Ia menyampaikan, mengacu aturan Undang undang Nomor 8 tahun 1999, mengenai air bersih hak dan kewajiban pelanggan serta pengelola air bersih sudah ada hak dan tugasnya masing masing, jadi kami sangat apresiasi sekali apabila PDAM Intan Banjar legowo mau melepas dan menyerahkan pelanggan PDAM Bandarmasih.

Menanggapi keluhan tersebut, Supian selaku Direktur Operasional PDAM Bandarmasih mengungkapkan, aspirasi warga Tembikar Kanan sekitar setahun lebih ini dengan harapan bisa pindah ke PDAM Bandarmasih, tentu kita apresiasi dan hal itu bisa saja terwujud, namun harus melalui mekanisme, kesepakatan serta sesuai regulasi yang dibenarkan.

Misalnya melalui surat yang pernah mereka layangkan minta air curah, mungkin akan kami balas yang itu dulu, karena Tembikar Kanan Kabupaten Banjar bukan Banjarmasin, kami tidak bisa serta merta mau mengambil alih.

Dari dialog dengan warga Tembikar kanan ini pihaknya akan melakukan rapat terlebih dahulu, apakah memungkinkan kami menjual air curah ke daerah tersebut, dengan harga pokok produksi keputusan tetap di PDAM Intan Banjar.

“Tembikar Kanan masuk Kabupaten Banjar bukan Banjarmasin, maka ini harus melalui kesepahaman bersama jika sepakat PDAM Bandarmasih membuka peluang itu seluas-luasnya membantu masyarakat” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi

This post was published on 10 Oktober 2020 08:22

winda kalselpos

Recent Posts

FGD Rancangan Teknoratik RPJMD Kota Banjarmasin 2021-2025 Digelar

FGD Rancangan Teknoratik RPJMD Kota Banjarmasin 2021-2025 Digelar

Banjarmasin, kalselpos.com - Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Banjarmasin menggelar kegiatan Focus…

26 Oktober 2020
30 Penyandang Disabilitas dapat Bantuan Kemensos

30 Penyandang Disabilitas dapat Bantuan Kemensos

Kotabaru, kalselpos.com - Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad menghadiri penyerahan bantuan untuk 30 orang…

26 Oktober 2020
Cegah Penambahan Kasus Corona, Satgas Awasi Perilaku Masyarakat ‎

Cegah Penambahan Kasus Corona, Satgas Awasi Perilaku Masyarakat ‎

Kandangan, kalselpos.com- Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), melalui TNI melakukan analisa perubahan…

26 Oktober 2020
Polsek Berangas Bikin Buku Biografi Cerita Alpin,

Polsek Berangas Bikin Buku Biografi Cerita Alpin,

Marabahan, kalselpos.com- Polsek Berangas, Polres Barito Kuala (Batola) cetuskan buku biografi cerita Alpin atau Mobil…

26 Oktober 2020
Cegah Sebaran Corona saat Libur Panjang, Pemkab HSS Imbau Warga tak Bepergian Keluar Daerah ‎

Cegah Sebaran Corona saat Libur Panjang, Pemkab HSS Imbau Warga tak Bepergian Keluar Daerah ‎

Kandangan, kalselpos.com- Guna mengantisipasi resiko penyebaran Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) saat cuti…

26 Oktober 2020
Muswil II KBB Kalteng, rumuskan program kerja periode 2020-2025

Muswil II KBB Kalteng, rumuskan program kerja periode 2020-2025

Palangka Raya, kalselpos.com.-Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Kalteng siap menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) II untuk…

26 Oktober 2020