RSJD Sambang Lihum terus sempurnakan pelayanan untuk Lebih Baik

dr Dharma Putra, Dirut RSJD Sambang Lihum.(Anas Aliando)

Banjarmasin, kalselpos.com – RSJD Sambang Lihum terus berbenah menuju lebih baik. Di momen Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober 2020, RS yang berlokasi di Jalan Gubernur Syarkawi, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar itu menjadikan momentum untuk mengejar ketertinggalan yang belum sempurna, sehingga diharapkan menjadi lebih baik terhadap pelayanan jiwa di Kalsel.

Ungkapan itu disampaikan dr Dharma Putra, Dirut RSJD Sambang Lihum kepada kalselpos com, usai acara peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang dipusatkan di RS tersebut, Sabtu (10/10/2020).

Bacaan Lainnya

“Kita masih banyak ketinggalan terutama untuk pelayanan virtual. Kita masih tertinggal dengan rumah sakit jiwa di Pulau Jawa,” ujar Dharma Putra.

Diutarakannya, hal inilah yang menjadi prioritas untuk dikejar. Sehingga pengobatan gaya virtual bisa berjalan  dengan baik mengingat jika berobat secara langsung datang ke rumah sakit akan beresiko karena masih pandemi.

“Dengan pengobatan secara virtual, maka resiko tertular Covid-19 bisa dicegah,” cetus mantan Sekda Kabupaten Hulu Sungai Tengah itu.

Dibagian lain Dharma mengungkapkan, adanya pandemi berpotensi peningkatan gangguan kesehatan jiwa karena efek dari isolasi, pembatasan sosial berskala besar dan informasi di medsos yang belum tentu benar.

“Termasuk juga orang tua yang mengajar anaknya di rumah karena mereka tidak semuanya mempunyai kemampuan. Masalah itu harus segera ditanggulangi,” bebernya.

Pria yang terkenal tegas itu mengatakan, dengan banyaknya potensi gangguan kesehatan jiwa tersebut, maka kalau harus datang besar-besaran ke rumah sakit akan ada masalah karena pandemi.

“Karena itulah disiapkan pelayanan dan pengobatan virtual yang kami lounching hari ini,” cetusnya.

Dharma menambahkan, melalui aplikasi tersebut, masyarakat yang merasa terganggu kesehatan jiwanya bisa mendaftar di aplikasi.

“Aplikasi akan membantu untuk konsultasi dan dijaga kerahasiaannya,” tegasnya.

Selanjutnya, lanjut Dharma, jika diperlukan langkah selanjutnya, maka silakan datang ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

“Pengobatan virtual ini kita mulai hari ini dan kita sudah punya ruangan dan jaringan yang kuat,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE