Hindari Kekeliruan Dana Desa, Kades Se Batola ikuti Bimtek SI JAKA

Bupati Batola Hj Noormiliyani berkomunikasi dengan Kasi Intel Kejari Batola, Martin Eko Priyanto usai pembukaan Bimtek SI JAKA.

Marabahan,kalselpos.com – Ratusan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Jaga dan Kawal (Si JAKA) dana desa di Hotel G’Sign Banjarmasin, Jumat (09/10).

2).Bupati foto bersama usai pembukaan Bimtek Si JAKA yang diikuti 195 desa s Kabupaten Barito di Hotel G’Sign Banjarmasin. (mul)

Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu kepala desa di Kabupaten Batola yang memiliki 195 desa untuk menghindari kekeliruan dan kesalahan dalam penggunaan dana desa.

Bacaan Lainnya

Tujuan itu agar para kepala desa terhindar dari tindakan represif atau pidana di kemudian hari.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyampaikan dalam sambutannya pada pembukaan Bimtek Si JAKA, penggunaan aplikasi ini menjadi bentuk sinergitas Pemda bersama Kejaksaan Tinggi Kalsel dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Batola guna melakukan pengawalan dan penjagaan menuju tata kelola dana desa yang lebih transparan dan akuntabel.

Kasi Intel Kejari Batola Martin Eko Priyanto mengungkapkan, bahwa Aplikasi SI JAKA berbasis web sebagai salah satu perangkat tugas dalam pengawalan dan penjagaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dana desa dengan tujuan mengedepankan asas reventif dan persuasif terhadap potensi penyalahgunaan dana desa.

Kemudian yang kedua adalah, bahwa dengan aplikasi ini Aparat Penegak Hukum (APH) lebih bisa melakukan pengawasan sejak dini berdasarkan progres statistik dari penggunaan aplikasi.

“Dengan aplikasi Si JAKA pihak kejaksaan bersinergi dengan pemerintah daerah, melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah ( (APIP), seperti Kepolisian dan Inspektorat dalam rangka bersama sama melakukan pengawalan dan penjagaan untuk tata kelola dana desa yang transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi