Tempat Ibadah memperindah Desa Terusan Makmur

Pura sebagai tempat ibadah dan cagar budaya mempercantik yang Desa Terusan Makmur.(Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com-Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan mayoritas penduduk Hindu Darma, sehingga dengan sendirinya banyak terdapat pura sebagai tempat ibadah bagi Agama Hindu. Karena banyaknya pura itulah, menjadikan Desa Terusan Makmur menjadi sebuah pesona keindahan tersendiri.

2. Kepala Desa Terusan Makmur, Wayan Sudarwan di salah satu pura di desanya.(Ist)

Kepala Desa Terusan Makmur, Wayan Sudarwan saat menunjukan salah satu pura yang baru dibangun beberapa bulan lalu menuturkan, kalau mereka membuat pura yang sangat indah ukirannya tersebut yang dikerjakan secara gotong royong dari hasil ekspresi warga yang memeliki kemampuan mengukir.
Sedangkan anak muda mengecat dengan hati-hati ukiran yang telah jadi.

Bacaan Lainnya

“Biaya pembangunan pura ini, ada yang dari Dana Desa (DD) dimana ini dapat dimasukan anggaran untuk cagar budaya, disamping biaya lain juga, kita biasa rutin dibantu dana sebesar lima ratus ribu rupiah, setiap warga sebagai kas kita,” tutur Wayan.

Dia juga menceritakan ramainya tempat ibadah ini disaat hari besar keagamaan, seperti Galungan dan Kuningan.

Gotong royong di desanya dalam menjaga ketentraman dan toleransi juga terbina dengan baik. Dimana rumah ibadah saling berdampingan.

“Kita warga Terusan Makmur bangga dengan adanya pura ini sebagai tempat berbacam aktifitas walau bukan hanya untuk peribadatan. Umpama rapat guyub warga atau menyambut tamu,” terangnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE