Andri Kurniawan : 3 Kades di Batola Rugikan Negara Rp 1,1 Miliar lebih

Kasi Pidsus Kejari Batola, Andri Kurniawan SH saat dikonfirmasi kalselpos.com di ruang kerjanya, Kamis (8/10/20). (mul)

Marabahan, kalselpos.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Kuala (Batola) komitmen dalam pemberantasan korupsi demi menjaga pembangunan yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Ije Jela ini.

Terbukti sepanjang tahun 2020 ini Kejari Batola sudah menangani 3 kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa (Kades).

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Andri Kurniawan SH
menjelaskan ketiga kasus tindak pidana korupsi yang sedang ditangani itu, dua yang sudah eksekusi, yakni RI selaku Kades Sungai Seluang, Kecamatan Belawang dan AM Kades Pulau Sugara, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

“Kedua Kades ini kasus penyalahgunaan dana desa yang telah merugikan negara. RI sekitar Rp 500 juta, AM Rp 250 juta,” sebut Andri kepada kepada kalselpos.com saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (8/19) kemarin.

Setelah kedua Kades ini, muncul lagi AI yang merupakan mantan Kades Jejangkit Pasar, Kecamatan Jejangkit yang juga kasus tindak pidana korupsi pelimpahan dari Polres Batola.

Kasus AI mantan Kades Jejangkit Pasar ini merugikan negara sekitar Rp 408 juta. “Sampai sekarang ini Kejari Batola sudah melakukan proses kerugian negara sebesar Rp 1,1 miliar lebih total dari penyalahgunaan dana desa 3 mantan Kades ini,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Batola.

Karuan masih ada kasus tindak pidana korupsi yang masih proses pendalaman, jadi untuk sementara belum kami publish dulu guna antisipasi oknum yang menghilangkan barang bukti atau lainya.

Disebutkannya, ada beberapa dinas dan Kades. “Kami belum bisa sampaikan dulu, kalau sudah ada indikasi kuat baru kita sampaikan,” ucapnya.

Dengan adanya oknum – oknum Kades yang di tindaklanjut ini, maka menjadi pembelajaran bagi penyelenggara yang lainnya untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi terhadap uang negara.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi