Epidemiologi Pastikan Status Zona Hijau Untuk Banjarmasin

Banjarmasin tinggalkan status zona merah (fudail)

Banjarmasin,kalselpos.com – Pakar Epidemiologi Kalimantan Selatan, dr H IBG Dharma Putra mengatakan Kota Banjarmasin saat ini sudah melakukan upaya-upaya keras untuk menekan angka kasus orang terkonfirmasi positif virus corona.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, menurutnya hal tersebut lah yang membuat angka kurva Covid-19 yang terjad di Kota Seribu Sungai ini bisa melandai.

“Kita harus lebih baik lagi. Jika kabupaten dan kota sudah berstatus zona hijau, maka pemerintah sendiri harus tetap melakukan Pemantauan,” ucapnya saat ditemui awak media, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, jika kecamatan sudah hijau maka kelurahannya pun tetap lebih dipantau sehingga masyarakat tetap mentaati aturan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat keluar rumah.

“Sehingga jika sudah memenuhi protokol kesehatan maka angka kasus positif Covid-19 di kota Banjarmasin tidak meningkat lagi dan zona hijau tidak berubah kemerah lagi,” Ungkapnya.

Ia menjelaskan, perubahan zonasi ini akan membawa dampak dan kebijakan multi-aspek yang berpengaruh pada masyarakat secara umum.

“Kebijakan ini yang mana hasil dari kerja keras Pemko Banjarmasin untuk menghilangkan zona merah hingga zona hijau meski satu penanganan Covid-19 yang sudah secara optimal,” jelasnya

Dalam keaktifan petugas melakukan surveilance, menurutnya, ini tentunya berdampak pada peningkatan kinerja untuk meningkatkan kapasitas pelayanan terhadap Covid-19 tersebut.

“Jika ditemukan pasien Covid-19 maka ruang isolasi, ruangan perawatan cukup, dilakukan dengan bagus disosialisasikan secara protokol kesehatan kepada masyarakat sehingga kasus menurun, rumah sakit menjadi kosong angka kesembuhan naik, angka kematian turun dan serta ruang isolasi tidak ada pasien lagi,” paparnya.

Untuk diketahui, dari 52 kelurahan yang ada di kota Banjarmasin dalam penanganan Covid-19, tertinggal 1 Kelurahan Seberang Mesjid yang masih berstatus zona merah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Tinggalkan Balasan