Bongkar muat di pelabuhan Trisakti hampir tak ada Aktivitas

Siswansyah, Kadisnakertrans Provinsi Kalsel.(ist)

Banjarmasin,kalselpos.com – Pandemi Covid-19 benar – benar merontokkan semua lini usaha. Salah satunya adalah usaha di sektor bongkar muat di pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Sampai saat ini buruh bongkar muat pelabuhan hampir tidak ada lagi aktivitas. Jumlahnya ada 800an orang. Yang masih bekerja tinggal 100an orang saja lagi,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel, Siswansyah kepada kalselpos com, Kamis (8/10/2020).

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, melihat dari kondisi yang memprihatikan tersebut, maka Disnakertrans Provinsi Kalsel, Rabu kemarin menyambangi buruh pelabuhan untuk memberikan sedikit bantuan.

“Kasian mereka, semuanya tenaga kerja kontrak dengan gaji yang diterima mingguan dan setengah bulanan. Yang memiriskan lagi, mereka tidak ada jaminan kesehatan dan kecelakaan kerja karena tidak diikutsertakan dalam jaminan perlindungan sosial seperti BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan,” bebernya.

Karena itulah, lanjut Siswansyah, pihaknya meminta kepada pengusahanya untuk segera mendaftarkan para buruh menjadi peserta BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Di bagian lain, Siswansyah mengungkapkan jumlah pengangguran terbuka di Kalsel.

“Sampai saat ini, menurut data yang kami kumpulkan, jumlah pengangguran terbuka di Kalsel sebanyak tujuh ribuan,” bebernya.

Namun Siswansyah berkeyakinan, pengangguran terbuka itu sebenarnya punya pekerjaan namun di sektor informal.

“Mereka kebanyakan  baru lulus sekolah yang belum berkesempatan mempunyai pekerjaan yang formal,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan