APBD tahun 2021 Fokus Pemulihan Ekonomi

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK. (dik).

Banjarmasin,kalselpos.com– Sebesar Rp 300 milyar dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel maupun Pemerintah Provinsi Kalsel mengalami pemangkasan.

Kegunaan efisiensi pemanfaatan anggaran dan menyiasati kondisi perekonomian yang berdampak langsung disaat pandemi Covid -19.

Bacaan Lainnya

“Pemangkasan anggaran dilakukan oleh Pemerintah Pusat, mengingat masih terdampaknya pandemi Covid-19,” ujar Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK kepada kalselpos.com, Kamis (8/10).

Jika melihat kondisi demikian, sambungnya, ada 10 persen Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan ikut dipangkas dari ketentuan pemerintah tersebut.

Kendati ada rasionalisasi anggaran pihaknya tetap optimis dalam menggeliatkan perekonomian masyarakat, apalagi dalam situasi pandemi.

Hal demikian dilakukan untuk masyarakat mendapat kesejahteraan dan berharap jangan sampai ada yang tertinggal dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

“Poin penting yang harus diperhatikan mencakup pendidikan, kesehatan, ekonomi, pembangunan, dan SDM,” sebutnya.

Selanjutnya, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalsel Ir, H Nurul Fajar Desira menambahkan, anggaran tahun 2021 nanti diprioritaskan di sejumlah sektor, diantaranya pengembangan infrastruktur, pembangunan jalan serta jembatan penghubung Banjarbaru – Batulicin.

“Kita fokuskan juga pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) demi pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

UMKM yang mampu bertahan saat ini sudah merambah ke sistem online. Tentunya harus lebih didorong, sehingga mampu bersaing mengikuti perkembangan zaman dan harus melek teknologi digital.

“Mulai dari pemilihan bahan, produksi, sampai ke pemasaran, kita akan ajarkan melalui pelatihan,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi

Tinggalkan Balasan