Bayi Kembar Siam HSU ini Lahir Selamat di RSUD Pambalah Batung

Bayi kembar siam di RS Pambalah Batung (RSUD) Amuntai lahir dalam komdisi sehat (ist)

Amuntai, kalselpos.com– Bayi kembar siam atau kembar dempet yang lahir di Rumah Sakit Pambalah Batung (RSUD) Amuntai dalam kondisi sehat.

Bacaan Lainnya

Bayi berjenis kelamin perempuan asal Desa Kaludan Kecil, Kecamatan Banjang, Kabupaten HSU yang lahir pada Selasa malam (06/10) tersebut membuat kaget bidan dan perawat yang menanganinya.

Pasalnya, bayi dari pasangan ibu NM (28) dan bapak HN ini lahir tanpa operasi, namun dengan kondisi si bayi dempet atau kembar siam pada bagian pantat, satu sama lain. Lebih tepatnya bayi nomor 1 sebelah kiri dan nomor 2 sebelah kanan.

dr I Dewi Yunianti, Sp. A selaku Dokter Spesialis Anak di RSUD Pambalah Batung Amuntai kepada awak media mengatakan, proses lahir si bayi sendiri tanpa operasi. Saat ibu si bayi mau lahiran datang ke rumah sakit dengan kondisi telah pembukaan, sehingga tidak dilakukan operasi.

“Kita tidak melakukan operasi, memang tidak diketahui kalau si bayi kembar siam, karena saat lahiran tidak ada kendala. Si ibu juga tidak melakukan USG sebelumnya, saat lahir baru diketahui kalau kembar siam/ dempet. Memang hal ini luar biasa adanya keajaiban. Kondisi si bayi juga stabil,” katanya, Rabu (07/10/2020) sore.

Sementara itu, kondisi ibu dan bayi dengan berat masing-masing 2190 dan 2016 gram ini dalam keadaan sehat. Pihak Rumah Sakit Pambalah Batung sebelumnya, telah membentuk tim untuk penanganan bayi kembar siam ini sesuai prosedur, dan hari ini si bayi dirujuk ke RS Ulin di Banjarmasin untuk melakukan tindakan selanjutnya.

“Dalam hal penanganan bayi kembar siam atau dempet ini tidak asal saja. Sehingga dengan dirujuk ke RS Ulin merupakan tindakan yang tepat, terutama dalam hal alat pemeriksaan yang lebih canggih, seperti sarana dan prasarana belum memadai dalam hal penanganan itu, perlunya dilakukan MRI dan lainnya lagi,” jelasnya.

Angka kejadian kasus ini langka, di seluruh dunia sekitar 1:100.000 dan bisa tertinggi 1:14.000 smpe 1:25000..
Khususnya yang pernah dilaporkn kasusny di Asia dan Afrika.

Pihak RSUD Pambalah Batung Amuntai, dalam hal ini team Bayi kembar siam ibu NM dan pihak direksi, segera melalukan kordinasi dalam hal penatalaksanaan kasus langka ini, dan mendapatkan respon yang sangat baik dari RS Rujukan tersier yaitu RS ULin sebagai RS rujukan seKalsel, dengan sigap pihak Neonatologi RS Ulin membentuk Team dan mengkornidasikan penerimaan dan langkah selanjutnya untuk penatalakasanaan bayi tersebut secara komprehensif, sehingga proses rujukan dapat dilakukan dengam cepat pada hari kemarin.
Bayi dirujuk dalam kondisi stabil.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Adiyat
Editor: Zakiri

Tinggalkan Balasan