Andin tak Mau beli suara Rakyat

DI MANDIANGIN - Kandidat Bupati Banjar, DR Andin Sofyanoor SH MH saat silaturahmi di Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Minggu (5/10) lalu.

Martapura, kalselpos.com – Kandidat Bupati Banjar DR Andin Sofyanoor SH MH bakal menyatakan mundur sebagai kontestan, bila masyarakat menghendaki satu suara dibeli dengan duit. Kendati memiliki duit, Andin menegaskan, anti beli suara masyarakat.
Ketegasan Andin ini dinyatakan saat silaturahmi di Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Minggu (5/10) lalu.
Kenapa anti beli suara dan tidak akan berbagi duit? Pertama, tidak punya duit. Kalau ada, juga bukan milik dia tapi teman-temannya. “Kedua, tidak mau terlibat ‘adu banyak duit’. Paling mendasar ini soal membangun tradisi masyarakat,” ujarnya.
Masyarakat, sebut Andin, tidak dalam posisi bersalah terhadap terjadinya persoalan politik uang, tapi pemimpin yang menggiring pada persoalan. “Yakinkah dengan membeli suara maka pembangunan akan semakin baik,” ungkap doktor lulusan Universitas Padjajaran Bandung ini.
Andin mengambil contoh di Medaeng, masyarakat luas menghendaki Prof Abdullah sebagai kepala daerah dan menentang praktik politik uang.
Abdullah yamg berada di Jepang, diminta pulang untuk mengabdikan diri di daerahnya. Setelah menjabat kepala daerah, Abdullah mengajak warga Medaeng di Jepang membangun daerah.
Lalu, Surabaya punya Risma. Padahal banyak orang berduit di Surabaya, tapi warga Surabaya memilih Risma. Risma mencalonkan karena Surabaya saat itu kotor. Fokus kebersihan lingkungan dari sampah. Juga penerapan birokrasi yang bersih dan layanan masyarakat lebih baik. “Ibu Risma menjadi walikota terbaik,” imbuhnya.
Pemimpin yang dipilih karena duit, maka kepala daerah akan sulit berpikir untuk memajukan daerahnya.
Diungkapkan Andin, kalau berbagi duit, dia bisa saja siapkan dan ada duitnya. Tapi, apakah itu diizinkan oleh habaib dan alim ulama.
“Diizinkan lah oleh ‘pa-guru-an’? Kalau niat saja sudah salah, ujar guru, maka jangan pernah bisa menengok muka Rasulullah,” ucapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Bacaan Lainnya

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

[]penulis : s.a lingga/rel
[]editor : s.a lingga