Kubah Sekumpul Masih Ditutup, Peziarah Berdoa di Luar Makam

BERJUALAN-Meski masih ditutup karena renovasi, kubah Al'alimul Allamah Al'arif Billah KH Zaini Ghani bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) para peziarah dari luar daerah tetap berdatangan dan pedagang sudah ada yg berjualan .(ist)

Martapura,kalselpos.com – Meski masih ditutup karena renovasi, kubah Al’alimul Allamah Al’arif Billah KH Zaini Ghani bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) para peziarah dari luar daerah tetap berdatangan.

Pedagang di sekitar kawasan kubah Sekumpul juga sebagian sudah mulai terlihat beraktivitas.

Bacaan Lainnya

Setidaknya ada sekitar 15 kios yang sudah mulai membuka kembali jualannya, beberapa penziarah dari luar daerah juga tampak, meski tak banyak seperti dulu.

Gusti Yusdiati (38) pedagang baju di kawasan kubah Abah Guru Sekumpul mengatakan, dirinya baru sekitar dua bulan berjualan dikarenakan para peziarah sudah mulai berdatangan meski kubah masih ditutup.

“Baru dua bulan saya buka toko lagi, meski kubah masih ditutup, tetapi para peziarah sudah berdatangan, sayang jika tak dimanfaatkan,” katanya.

Memang sempat tutup semua kemarin akibat pandemi Covid-19, dan seiring berjalan waktu ppara pedagang di kawasan kubah Sekumpul mulai membuka kembali kios mereka.

“Kemarin memang sempat tutup semua, tapi sekarang sudah banyak yang buka, peziarahnya juga setiap hari ada saja terus, apalagi saat akhir pekan,” ujarnya.

Meski tak bisa masuk ke dalam lokasi kubah Abah Guru Sekumpul karena renovasi kubah belum selesai, para peziarah masih bisa berziarah di teras rumah tepat di sebelah luar posisi makam.

Tak hanya itu membaca doa serta membaca yasin saja, para peziarah yang datang membawa kembang juga menaruh kembang di teras tersebut. Sehingga tumpukan bunga dari para peziarah itu di tempatkan dalam sebuah wadah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:fahmi de musfa
Editor:wandi