Gegara Pandemi, Titian Antasan Teluk Mendung Belum Pasti Diperbaiki

Disperkim Kota Banjarmasin belum bisa memastikan tahun 2021 titian Antasan Teluk Mendung diperbaiki (Fudail)

Banjarmasin,kalselpos.com – Meski sudah berulang kali dilaporkan warga, namun hingga saat ini masih belum ada kejelasan terkait kapan titian jalan yang berada di Antasan Teluk Mendung, RT 17 Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin, Achmad Fanani kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (06/10/2020).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan menjelaskan bahwa pada tahun 2018 lalu pihaknya sudah ada rencana untuk perbaikan titian. Tidak hanya di kawasan Antasan Bondan, bajkan sampai ke kawasan Mantuil.

“Tahun 2018 direncanakan. Dana yang diperlukan mencapai Rp10 miliar, dengan memprioritaskan keempat RT seperti RT 4, RT 10,RT 13 dan RT 17,” ucapnya.

Ia membeberkan, di tahun berikutnya, yakni tepat pada tahun 2019, rupanya dana yang dimiliki oleh Dinasnya tidak mencukupi. Alias, hanya memiliki dana Rp3 sampai Rp5 miliar saja. Hal itu, dipandangnya tidak mencukupi untuk melakukan perbaikan.

“Karena dalam perencanaan, titian tidak hanya terdiri dari tiang dan lantai ulin atau papan. Tapi juga dicor semen. Mengacu di Pulau Bromo, perbaikannya saja hampir Rp3 miliar,” tambahnya.

Oleh karena itu, dengan anggaran yang ada di dinasnya, tentu tak bisa dilakukan. Mengingat juga ada pekerjaan lain. Seperti misalnya perbaikan jalan lingkungan, serta kegiatan lainya.

Lantas, bagaimana dengan tahun 2020 atau tahun 2021 mendatang Menurutnya, dua tahun ke depan, Pemko Banjarmasin kemungkinan besar bakal masih fokus kepada pengembalian kondisi terkait Covid-19.

“Belum ada kepastian kapan bisa diperbaiki. Tapi kami sudah melakukan survei, perencanaan. Namun sekali lagi melihat kemampuan pendanaan Pemko Banjarmasin. Kemudian, perbaikan pun tak bisa sebagian. Tapi secara keseluruhan,” tandasnya.

Sebelumnya, untuk diketahui, jalan titian tersebut merupakan akses utama bagi pemukiman padat penduduk tersebut yang berada di atas bantaran Sungai Mantuil. Namun kondisinya sudah hampir 20 tahun tidak tersentuh perbaikan.

Sampai saat ini pihak warga Antasan Bondan sudah sering dijanjikan oleh Pemko dari tahun 2018 sampai tahun 2019 dan 2020 tetapi dengan adanya Covid-19 pembangunannya terpaksa harus di lakukan pada 2021 mendatang.

“jika tertunda atau tidak dibangun maka kami sangat kekhawatiran kalau kembali ada korban yang berjatuhan,” ujar ketua RT 17 Rahimah.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Pos terkait