Dinkes Terus Pantau Kasus Covid di Seberang Mesjid

Kelurahan Seberang Mesjid mendapat perhatian khusus Dinkes Kota Banjarmasin (Fudail)

Banjarmasin,kalselpos.com – Staus zona merah yang masih disandang oleh Kelurahan Seberang Mesjid saat ini menjadi perhatian khusus bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin.

Pasalnya, dari 52 kelurahan yang ada di Banjarmasin kini hanya tersisa 1 wilayah tersebut yang masih dalam kategori membahayakan untuk kasus penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menaruh perhatian khusus sebagai upaya menghijaukan kelurahan yang berada di Kecamatan Banjarmasin Timur itu.

Mantan Wakil Direktur (Wadir) Administrasi dan Keuangan RSJ sambang Lihum ini merincikan, saat ini terdapat 45 kelurahan sudah masuk dalam zona hijau, sedangkan 6 kelurahan zona kuning.

“Jadi zona merah yang tersisa yaitu wilayah Kelurahan Seberang Mesjid,” ucapnya pada awak media, Senin (06/10/2020).

Ia mengaku, bahwa besok Rabu (07/10/20) akan mengevaluasi seluruh upaya yang telah dilakukan Pemko selama 14 hari untuk mengeluarkan kelurahan tersebut dari zona merah.

“Besok kita panta kembali, apakah kasusnya menurun atau menambah,” terangnya.

Menurutnya,hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam menekan kasus Covid-19 di Banjarmasin agar seluruh kelurahan menjadi zona hijau. Oleh karenanya ia menekankan agar masyarakat harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Jangan sekali-kali euforia dengan zonasi hijau ini. Tidak ada garansi wilayah itu akan tetap hijau,” ungkapnya.

Disamping itu, pria dengan sapaan Machli ini menjelaskan, perubahan zonasi sangat ditentukan dengan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan 4 prinsip dasar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Terutama masker. Karena penularan Covid-19 itu melalui droplet (tetesan air liur). Sehingga bermasker itu wajib hukumnya untuk melawan Covid-19,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Tinggalkan Balasan