Bawaslu Kotim awasi pelanggaran Protokol Kesehatan di masa Kampanye

Muhammad Tohari ST, Ketua Bawaslu Kotim.(Ist)

Sampit,kalselpos.com -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng,
membentuk tim kelompok kerja (Pokja) dalam pengawasan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Tim ini akan bekeja dalam mengawasi pelanggaran protokol kesehatan di masa penyelenggaraan tahapan pemilihan kepala daerah, khususnya saat kampanye berlangsung,”
kata Ketua Bawaslu Kotim, Muhammad Tohari ST via ponselnya Selasa (6/10/2020) di Sampit.

Bacaan Lainnya

Diungkapkannya, Kotim ditetapkan sebagai Kabupaten atau kota kedua setelah kota Depok, sebagai daerah rawan penyebaran covid-19, saat berlangsungnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

“Untuk itu Bawaslu Kotim membentuk tim kelompok kerja (Pokja), dalam mengawasi pelanggaran protokol kesehatan khususnya yang berkaitan dengan pemilihan kepala daerah. Pembentukan pokja ini merupakan intruksi Bawaslu RI untuk mencegah penularan Covid-19 semakin banyak,” beber Muhammad Tohari.

Ia juga menjelaskan, Pokja tersebut dibentuk dibawah binaan Bupati, Kapolres dan Kepala Kejaksaan Negeri Kotim serta dandim 1015 Sampit.

Dimana tim tersebut akan bekerja dalam melakukan pengawasan, pencegahan hingga penindakan terhadap potensi pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi. Baik yang dilakukan oleh perorangan maupun peserta dan penyelenggara tahapan pemilihan umum.

“Sanksi terberat dari pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan, adalah sanksi pidana. Hal itu didukung dengan adanya undang-undang kekarantinaan kesehatan,” paparnya.

Muhammad Tohari
menambahkan,
saat ini pelaksanaan Pilkada telah memasuki masa kampanye, dimulai dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020.

Pilkada di Kotim kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati diikuti empat pasangan calon, yakni Halikinnor dan Irawati diusung PDI-P, Partai Demokrat dan Perindo.

Suprianti Rambat dan Muhammad Arsyad didukung Gerindra dan PKB.

Taufiq Mukri dan Supriadi MT didukung Golkar dan Nasdem serta pasangan Muhammad Rudini Darwan Ali dan Syamsudin diusung PAN, PKS dan Hanura.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslan AG
Editor: Bambang CE