Polres Tanbu dan PWI, bersinergi ciptakan suasana Kondusif

Kapolres Tanbu secara simbolis menyerahkan masker kepada Sekretaris PWI Tanbu.(Ist)

Batulicin, kalselpos.com – Kepolisian Resor Tanah Bumbu (Polres Tanbu) Polda Kalsel, siap bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Tanbu, untuk menjaga  keharmonisan masyarakat selama menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

 

Bacaan Lainnya

Kapolres Tanbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih, di Kantor PWI Tanbu, Senin (5/10) mengatakan, peran serta pers untuk publik semakin menjadi kebutuhan, selain sebagai sarana kontrol sosial, peran pers juga sebagai sarana edukasi, dan penyeimbang informasi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

 

“Menghadapi Pilkada serentak tentunya jangan sampai masyarakat mudah untuk  terprofokasi dengan adanya isu-isu politik di media sosial,” harap Kalpolres.

 

Menurutnya, manakala pers tidak seimbang dan menyebarkan informasi yang sensitif hal itu bisa menimbulkan kerawanan kamtibmas.

 

“Bahkan dapat mengganggu kerukunan hubungan sosial baik dengan tetangga sendiri ataupun kepada masyarakat yang lebih luas lagi sebab adanya perbedaan pilihan,” kata Perwira Menengah ini.

 

Oleh sebab itu, ujarnya, polisi ingin bersinergi dengan anggota pers khususnya yang tergabung dengan organisasi yang sudah dilegalkan oleh pemerintah seperti PWI, untuk mengajak dan memberikan wawasan terhadap masyarakat. Hal ini bertujuan supaya lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial (medsos).

 

Dijelaskan Kapolres, pada saat ini telah beralih komunkasi asinetris masyarakat pada medsos, “Untuk itu kita semua harus bisa melakukan filter dan pilah pilih dalam menyebarkan dan menerima informasi terkait kebenarannya,” tuturnya.

 

Untuk itu himbau Kapolres, lakukan ” “crosscheck” atau periksa kembali kebenaran informasi yang didapat sebelum disebar.

 

“Jangan sampai kita melanggar undang-undang informasi dan transaksi elektronik, ini berbahaya sebab bisa di pidanakan bila ada orang yang merasa dirugikan melapor kepada kepolisian,” papar Kalpolsek.

2. Kapolres dan Sekretaris PWI (kanan Kapolres) bersama Pengurus PWI Tanbu.(Ist)

Sementara itu, Ketua PWI Tanbu, M. Fadli melalui Sekretaris PWI Tanbu, Kristiawan menambahkan, dalam hal ini PWI juga siap untuk melakukan edukasi dalam hal pemberitaan yang dipublikasikan, apalagi roh PWI sendiri berlandasakan Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers. 

 

Selain itu, Kristiawan menyampaikan PWI siap untuk bersinergi dengan kepolisian dalam rangka mengawal pelaksanaan secara simbolisuntuk menciptakan suasana yang kondusif, harmonis dan santun dalam penyajian sebuah berita. 

 

“Kami dalam hal ini PWI Tanbu akan senantiasa saling koordinasi, dan saling memberikan informasi terkait berbagai persoalan yang terjadi di wilayah Tanah Bumbu,” katanya.

 

Kristiawan menegaskan, bahwa PWI juga akan mengedepankan profesionalitas sebuah lembaga yang kredible, “Dan kami mengedepankan pada aturan dan UU Pers dalam menyajikan informasi ataupun publikasi,” tandasnya.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan

Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan